Perbandingan mediator hakim dan non hakim dalam pelaksanaan mediasi di Pengadilan Agama : Studi tentang strategi teknik dan efektivitas mediasi di wilayah PTA Jawa Barat

Sasmita, Ita (2022) Perbandingan mediator hakim dan non hakim dalam pelaksanaan mediasi di Pengadilan Agama : Studi tentang strategi teknik dan efektivitas mediasi di wilayah PTA Jawa Barat. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy

Abstract

Lahirnya Perma No. 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan bertujuan untuk mengoptimalkan penyelesaian perkara yang lebih efektif, dan mampu meningkatkan keberhasilan mediasi, namun pada kenyataannya di wilayah PTA Jawa Barat tahun 2020 dari 7.895 perkara yang di mediasi, hanya 1.668 perkara yang berhasil, sedangkan tahun 2021 dari 8.649 perkara, mediasi berhasil hanya 1.066 perkara, sehingga mediasi belum dapat dikatakan efektif, salah satu penyebabnya adalah teknik dan strategi dari mediator. Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mendeskripsikan implementasi Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan dan dampaknya terhadap efektivitas mediasi di Pengadilan Agama wilayah PTA Jawa Barat, kedua untuk menganalisis perbandingan keberhasilan mediasi yang dilakukan oleh mediator hakim dan non hakim di Pengadilan Agama, ketiga untuk menganalisis pengaruh teknik dan strategi mediator hakim dan non-hakim terhadap efektivitas mediasi dalam mewujudkan prinsip keadilan dan kemaslahatan, keempat untuk merumuskan strategi dalam meningkatkan keberhasilan mediasi di Pengadilan Agama wilayah PTA Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan teori perdamaian (ishlah/sulhu), teori efektivitas hukum, teori perbandingan dan teori mediasi. Teori-teori ini digunakan untuk menjawab masalah penelitian dan menawarkan gagasan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan penelitian yuridis empiris. Jenis penelitian termasuk penelitian kualitatif, data berupa data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi literatur. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan cara direduksi, disajikan dan disimpulkan untuk menjawab masalah penelitian pada disertasi ini. Hasil penelitian pada disertasi ini Pertama, Implementasi Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan di Pengadilan Agama wilayah PTA Jawa Barat belum efektif, hal tersebut disebabkan karena beberapa aspek yaitu aspek perkara, aspek mediator, aspek para pihak, aspek advokat serta aspek sarana, Kedua, Perbandingan keberhasilan mediasi yang dilakukan oleh mediator hakim dan mediator non hakim di Pengadilan Agama tidak banyak perbedaan, keduanya relatif belum mampu meningkatkan keberhasilan mediasi dan masing-masing mediator memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketiga, Teknik dan strategi mediator hakim dan mediator non-hakim berpengaruh terhadap keberhasilan mediasi namun teknik dan strategi yang digunakan belum dapat memberikan keadilan dan kemaslahatan, keempat, strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keberhasilan mediasi yaitu memberikan penghargaan (reward), meningkatkan kuantitas dan kualitas mediator non hakim dengan bekerjasama dengan perguruan tinggi dan instansi lainnya.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan Mediator Hakim; Non Hakim; Pelaksanaan Mediasi; Pengadilan Agama
Subjects: Law
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam > Konsentrasi Hukum Keluarga
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:57
Last Modified: 26 Jul 2022 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54027

Actions (login required)

View Item View Item