Pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantu media Teka-Teki Silang (Tts) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan

Paridah, Iis Nenden (2022) Pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantu media Teka-Teki Silang (Tts) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan hasil belajar merupakan salah satu hal utama yang harus diperhatikan setiap pendidik dan pesrta didik. Quantum learning berbantu media tts merupakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, hasil belajar siswa, pengaruh model quantum learning, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model quantum learning berbantu media TTS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest Non Equivalent Kontrol Grouf Design. Hasil penelitian memperlihatkan, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model quantum learning terlaksana dengan baik dibuktikan dengan persentase aktifitas siswa kelas eksperimen yang mencapai angka 83% dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol yang mencapai angka 77% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning mendapat perolehan nilai N-Gain sebesar 0,54 dengan kategori baik., Artinya, dilihat dari perolehan hasi belajar, kelas eksperimen memiliki peningkatan yang lebih signifikan. Berdasarkan hasil pengamatan, model quantum learning terbukti efektif digunakan pada materi pencemaran lingkungan dengan hasil analisis uji Effect size yang memperoleh skor 1,44, artinya model pembelajaran quantum learning memiliki tingkat keefektifan sangat tinggi. Model quantum learning juga mendapat respon baik dari siswa dengan perhitungan angket respon siswa yang mencapai angka persentase respon sebesar 82%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Quantum learning; TTS; Hasil belajar; pencemaran lingkungan;
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Iis Nenden Paridah
Date Deposited: 05 Aug 2022 00:31
Last Modified: 05 Aug 2022 00:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54095

Actions (login required)

View Item View Item