Sapara, Rima Melati (2022) Implementasi kebijakan pertemuan tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19 : Studi kasus Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di Indonesia saat ini mengkhawatirkan sejak merebaknya Covid-19. Karena pendidikan merupakan aset suatu bangsa. Oleh karena itu, pemerintah melakukan inisiatif untuk pendidikan terus survive di masa pandemi covid-19 sesuai perkembangannya yaitu dengan merevisi SKB 4 Menteri, ditindaklanjuti oleh Bupati Sumedang dan Dinas Pendidikan Kab. Sumedang dalam teknis pelaksanaan kebijakan Pertemuan Tatap Muka Terbatas. Pada kebijakan ini ternyata hanya 14,3% SD yang pada minggu pertama langsung melaksanakannya. Selain itu, permasalahan tiap daerah bervariasi salah satunya belum merata vaksin tenaga kependidikan, dan materi yang disampaikan berupa materi esensial saja karena keterbatasan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pertemuan tatap muka terbatas menggunakan teori Richard Matland yaitu melihat ketepatan kebijakan, ketepatan pelaksanaan, ketepatan target, dan ketepatan pelaksanaan, serta melihat dukunan politik, strategi, dan teknisnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Serta teknik analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu peran Dinas Pendidikan dalam Impelentasi Kebijakan Pertemuan Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19 dapat dikatakan sudah baik. Berdasarkan teori Richard Matland yang mengatakan “4 tepat” dalam implementasi kebijakan, kebijakan pertemuan tatap muka pada masa pandemi Covid-19 di Dinas Pendidikan Kab. Sumedang ini keempat ketepatannya sudah sesuai dalam teori.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Kebijakan Publik; Pertemuan Tatap Muka Terbatas |
Subjects: | Political dan Government Science > Local Government Political dan Government Science > Political Situation and Condition Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Rima Melati |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:34 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 04:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54102 |
Actions (login required)
View Item |