Aini, Alfan Siti Qurrotul (2022) Hubungan bimbingan orang tua dengan karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah : Studi penelitian uji korelasi pada siswa kelas tinggi MI PUI Malausma 2 kecamatan Malausma. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (674kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
Abstract
Orang tua merupakan lingkungan pertama yang menjadi sumber pengetahuan serta pertumbuhan karakter bagi siswa. Anak akan menjadi pribadi yang berkarakter apabila mereka tumbuh dalam ringkungan keluerga yang berkarakter juga. Bimbingan yang oleh orang tua kepada anak akan mejadi bekal bagi pertumbuhan kebiasaan atau karakter anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan bimbingan orang tua dengan karakter siswa kelas tinggi di MIS PUI Malausma 2. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan kepada siswa kelas tinggi MIS PUI Malausma 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian menggunakan teknik bivariate di mana penelitia melakukan perhitungan uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi, dan yang terakhir uji determinan. Hasil dari penelitian ini yaitu bimbingan orang tua memiliki nilai rata-rata 60,33 dan rata-rata dari karakter siswa yaitu 64,28. Hubungan anatar bimbingan orang tua dan karakter siswa pada penelitian ini termasuk pada kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji korelasi dengan menggunakan SPSS 2.0 bahwa r hitung yang diperoleh yaitu 0,625 dengan signifikansi 5% dan jumlah responden 60, maka r tabelnya yaitu 0,254. Sehingga nilai r hitung (0,625) > r tabe (0,254). Maka dapat diartikan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara bimbingan orang tua dan karakter siswa. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa 39% karakter siswa dipengaruhi oleh bimbingan orang tua, sehingga perlu ditingkatkan kembali bimbingan orang tua terhadap siswa mampu memiliki karakter yang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Orang tua; Karakter Siswa |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alfan Siti Qurrotul Aini |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 00:44 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 00:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54277 |
Actions (login required)
View Item |