Pengaruh ekstrak daun picung (Pangium Edule) dalam mempertahankan pertumbuhan dan hasil tanaman buncis tegak balitsa 3 terhadap serangan ulat grayak (Spodoptera Litura)

Sapitri, Isti Dewi (2022) Pengaruh ekstrak daun picung (Pangium Edule) dalam mempertahankan pertumbuhan dan hasil tanaman buncis tegak balitsa 3 terhadap serangan ulat grayak (Spodoptera Litura). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Orang Indonesia banyak yang mengkonsumsi sayuran sumber protein nabati salah satunya ialah buncis. Buncis Tegak Phaseolus vulgaris L. ialah tanaman perdu semusim hasil introduksi Mexico-Guatemala kemudian menyeluruh ke wilayah sub tropis. Salah satu permasalahan pada saat peningkatan produksi buncis di Indonesia ialah adanya serangan hama ulat grayak (Spodoptera litura). Ekstrak daun picung dilaporkan berfungsi picung sebagai pestisida nabati yang bersifat ramah lngkungan untuk mengendalikan serangan Spodoptera litura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak daun picung (Pangium edule) dan konsentrasi terbaik terhadap pertumbuhan buncis tegak varietas Balitsa 3 dan populasi Spodoptera litura. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2021 di Desa Darma, Kec. Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap pada uji pendahuluan (in vitro) dengan 6 perlakuan yang diulang sebanyak empat kali dan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pada uji utama (in vivo) dengan 5 perlakuan yang diulang sebanyak empat kali. Hasil uji pendahuluan (in vitro) menunjukkan adanya pengaruh dari aplikasi ekstrak daun picung terhadap bobot pakan, mortalitas larva, morfologi dan tingkah laku larva. Perlakuan yang terbaik adalah aplikasi ekstrak daun picung 30%. Hasil dari uji utama (in vivo) menunjukkan adanya pengaruh ekstrak daun picung terhadap mortalitas larva S.litura dan intensitas serangan dengan perlakuan yang terbaik yaitu aplikasi ekstrak daun picung 10%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Buncis Tegak; Spodoptera litura; Daun Picung; dan Konsentrasi;
Subjects: Plant Injuries > Insect Pests
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Isti Dewi Sapitri
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:23
Last Modified: 02 Aug 2022 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54317

Actions (login required)

View Item View Item