Hapipih, Lastari Melani (2022) Pengaruh pembiasaan tadarus Al-Qur'an terhadap karakter religius siswa di MAN 2 Kota Bogor : Penelitian terhadap siswa di MAN 2 Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (248kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi menunjukkan adanya kegiatan keagamaan yaitu tadarus. Adanya pembiasaan tadarus Al-Qur’an ini merupakan salah satu bentuk penanaman karakter religius kepada siswa dan mengakibatkan siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar dan benar tanpa terburu-buru. Dikarenakan ditemukan sebagian siswa yang kurang religius seperti tidak bersegera salat saat waktu salat tiba, siswa yang kurang jujur saat ulangan berlangsung, dan sebagian siswa yang kurang serius saat pembiasaan tadarus Al-Qur’an berlangsung, seperti ditemukan siswa yang berpura-pura membaca Al-Qur’an saat pembiasaan tadarus berlangsung. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan yang sekaligus melahirkan permasalahan yang menarik untuk di teliti. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui realitas pembiasaan kegiatan tadarus Al-Qur’an siswa di MAN 2 Kota Bogor. 2) untuk mengetahui realitas karakter religius siswa di MAN 2 Kota Bogor. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiasaan tadarus Al-Qur’an terhadap karakter religius siswa di MAN 2 Kota Bogor. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa faktor yang mempengaruhi karkter adalah kebiasaan. Kebiasaan yang baik dapat dibentuk melalui kegiatan yang positif. Kegiatan pembiasaan tadarus Al-Qur’an yang menjadi salah satu program rutin diprogramkan dan dilakukan secara terus menerus dan intens. Bagian penting dalam pembentukan karakter siswa adalah sikap dan perilaku manusia Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Sampel sebanyak 53 siswa, analisis data kualitatif dengan pendekatan logika dan data kuantitatif dianalisis dengan pendekatan statistika. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) realitas pembiasaan kegiatan tadarus Al-Qur’ansiswa termasuk kategori sedang dengan skor 3,39 yang berada pada interval 2,60 – 3,39. 2) realitas karakter religius siswa termasuk kategori sedang dengan skor 3,21 yang berada pada interval 2,60 – 3,39. 3) Hubungan antara keduanya menunjukkan: a) koefisien korelasi antara variabel X dan Y berkategori kuat berdasarkan skor 0,67 yang berada pada interval 0,60 – 0,79. b) hipotesis yang diajukan diterima. Artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara siswa yang mengikuti tadarus Al-Qur’an terhadap karakter religius siswa berdasarkan thitung (8,6) > ttabel (2.0), dan c) kadar pengaruh antara variabel X dan Y yaitu 26% dan sisanya sebesar 74% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan; Tadarus; Karakter; Religius; Siswa |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia Education > Ethical Education Elementary Education > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lastari Melani Hapipih |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 01:49 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 01:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54331 |
Actions (login required)
View Item |