Kepastian dan perlindungan Hukum penyelesaian sengketa perceraian dalam peraturan perundang-undangan dan implementasinya dalam putusan Pengadilan Agama di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat

Permana, Anang (2022) Kepastian dan perlindungan Hukum penyelesaian sengketa perceraian dalam peraturan perundang-undangan dan implementasinya dalam putusan Pengadilan Agama di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Penyelesaian sengketa perceraian di pengadilan agama yang didasarkan kepada alasan antara suami dan isteri terus-menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga, sebagaimana diatur dalam pasal 19 huruf f PP Nomor 9 Tahun 1975 dan Pasal 116 huruf f Kompilasi Hukum Islam, seringkali oleh sebagian pihak dianggap hanya melahirkan keadilan yang formalistik, itu dipandang perlu dilakukan perumusan kembali peraturan penyelesaian sengketa perceraian yang berbasis kepastian hukum dan keadilan. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk menganalisis peran hakim dalam perlindungan hukum, 2) Faktor yang mempengaruhi hakim ketika menjatuhkan putusan 3), Menganalisis akibat hukum dari segi psikologi, sosiologi dari putusan hakim, 4) Menganalisis kepastian dan perlindungan hukum dalam putusan hakim, 5). Untuk menemukan rumusan peraturan yang mengatur penyelesaian perkara perceraian. Kerangka teori yang digunakan adalah keadilan sebagai Teori Besar (grand theory), perlindungan hukum sebagai Teori Menengah (midle theory) dan maslahah mursalah sebagai Teori Terapan (applicative theory). Metode penelitian ini menggunakan deskriptif analisis, yang objek penelitiannya adalah Kepastian dan perlindungan hukum penyelesaian sengketa perceraian dalam peraturan perundang-undangan dan implementasinya dalam putusan di Wilayah PTA Jawa Barat, dengan data primer hasil wawancara dengan para responden yang terdiri dari justiabelen dan para hakim, juga karya ilmiah dan putusan para hakim yang ada di PTA Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris, yaitu pendekatan yang meneliti data sekunder terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan mengadakan penelitian data primer pada pengadilan agama di Wilayah PTA Jawa Barat. Hakim mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan perlindungan hukum dalam proses pemeriksaan perkara perceraian, 2) Faktor yang mempengaruhi hakim dalam pmenjatuhkan putusan adalah faktor internal dan faktor ekternal, 3) Secara spesifik perceraian mempunyai akibat hukum dan dampak psikologis juga sosiologis terhadap istri, 4) Dalam upaya menemukan dan menerapkan keadilan, hakim dalam menjatuhkan putusan sesuai dengan tujuan penegakan hukum, 5) Melakukan perumusan kembali peraturan yang mengatur proses penyelesaian sengketa perceraian, yang diatur dalam UU No.1 tahun 1974, PP Nomor 9 Tahun 1975 Surat Edaran Mahkamah Agung dan Kompilasi Hukum Islam, dengan tetap mempertimbangkan fakta sosial dan hukum yang hidup masyarakat.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kepastian Hukum; Perlindungan Hukum; Penyelesaian Sengketa Perceraian; Pengadilan Agama
Subjects: Islam
Law
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam > Konsentrasi Hukum Keluarga
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:04
Last Modified: 01 Aug 2022 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54351

Actions (login required)

View Item View Item