Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Dividen Payout Ratio (DPR) terhadap Stock Price pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi Kasus di PT. Selamat Sepurna Tbk periode 2008-2018

Maulana, Ahmad Nur (2020) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Dividen Payout Ratio (DPR) terhadap Stock Price pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi Kasus di PT. Selamat Sepurna Tbk periode 2008-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Net Profit Margin (NPM), Dividend Payout Ratio (DPR) dan Stock Price mengalami fluktuasi pada setiap periodenya dan terdapat penyimpangan teori yang menyatakan hubungan ketiga tersebut. Pada teori dinyatakan bahwa ketika Net Profit Margin (NPM) naik dan Dividend Payout Ratio (DPR) naik maka Stock Price akan mengalami kenaikan dan begitu pula sebaliknya jika Net Profit Margin (NPM) turun dan Dividend Payout Ratio (DPR) turun maka Stock Price akan mengalami penurunan. Investasi Saham adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisa pengaruh Net Profit Margin terhadap Stock Price secara parsial, (2) mengetahui dan menganalisa pengaruh Dividen Payout Ratio terhadap Stock Price secara parsial, (3) mengetahui dan menganalisa pengaruh Net Profit Margin dan Dividen Payout Ratio terhadap Stock Price secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Selamat Sempurna tahun 2008-2018. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 20.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial nilai uji t pengaruh Net Profit Margin terhadap Stock Price adalah -0.721 < 2.477 atau thitung < ttabel yang artinya berpengaruh Positif signifikan. Sedangkan pengaruh Dividen Payout Ratio terhadap Stock Price adalah nilai thitung < ttabel yakni -0,498 < 2,262, artinya bahwa artinya tidak berpengaruh negatif signifikan Kemudian secara simultan nilai uji F pengaruh Net Profit Margin dan Dividen Payout Ratio terhadap Stock Price adalah nilai Fhitung > Ftabel yakni 41,100 > 4,46, Artinya, terdapat berpengaruh positif signifikan Antara Net Profit Margin dan Dividen Payout Ratio terhadap Stock Price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin; Dividen Payout Ratio; Stock Price.
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ahmad Nur Maulana
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:12
Last Modified: 02 Aug 2022 06:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54353

Actions (login required)

View Item View Item