Pengaruh respon siswa pada penerapan model Hybrid Learning terhadap minat belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi qurban dan aqiqah : Penelitian terhadap siswa kelas IX SMP Triyasa Bandung

Ramadani, Amelia Nurbayanti Azkiya (2022) Pengaruh respon siswa pada penerapan model Hybrid Learning terhadap minat belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi qurban dan aqiqah : Penelitian terhadap siswa kelas IX SMP Triyasa Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, fakta yang terjadi di sekolah sebelum dikeluarkan edaran tentang PTMT menerapkan pembelajaran jarak jauh secara penuh dan mengakibatkan berkurangnya minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan ditunjukkan masih banyak siswa yang tidak mengikuti pembelajaran secara daring. Pada saat ini model hybrid learning di SMP Triyasa Kota Bandung telah diterapkan dengan rasio 50:50, yakni 50% siswa melaksanakan PTMT di sekolah dan 50% siswa belajar secara daring dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Respon siswa pada penerapa model hybrid learning, (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi qurban dan aqiqah, (3) Pengaruh respon siswa pada penerapan model hybrid learning terhadap minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi qurban dan aqiqah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran minat belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya faktor eksternal yang berasal dari faktor sekolah terkait dengan metode serta model yang digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh antara respon siswa pada penerapan model hybrid learning terhadap minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi qurban dan aqiqah. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, 2) Sumber penelitian adalah siswa kelas IX yang berjumlah 29 orang, 3) Tempat dan waktu penelitian adalah di SMP Triyasa Kota Bandung dari tanggal 21 September 2021 s/d 30 April 2022, 4) Teknik pengumpulan data penelitian melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi, dan 5) Teknik analisis data dengan analisis parsial dan korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan 1) Pengaruh respon siswa pada penerapan model hybrid learning di kelas IX SMP Triyasa Bandung termasuk ke dalam kualifikasi baik dengan angka 4,12. Angka tersebut ada pada skala 3,40 – 4,19. 2) Minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi qurban dan aqiqah di kelas IX SMP Triyasa Bandung termasuk ke dalam kualifikasi tinggi, dengan angka 4,13. Angka tersebut berada pada skala 3,40 – 4,19. 3) Pengaruh respon siswa pada penerapan model hybrid learning terhadap minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi qurban dan aqiqah di kelas IX SMP Triyasa Bandung sebesar 88% dan sisanya 12% dipengaruhi oleh faktor lain dibuktikan dengan uji T Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung> ttabel atau 14,32 > 0,386 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara respon siswa terhadap minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi qurban dan aqiqah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respon Belajar; Hybrid Learning dan Minat Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amelia Nurbayanti Azkiya
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:10
Last Modified: 01 Aug 2022 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54355

Actions (login required)

View Item View Item