Efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui media Online (Daring) ditengah wabah virus Covid-19 : Studi kasus siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi

Zakiyah, Mila (2022) Efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui media Online (Daring) ditengah wabah virus Covid-19 : Studi kasus siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini perubahan metode dan system pembelajaran pada siswa kelas VII di SMPN 2 Cileunyi yang diakibatkan oleh pandemik covid-19, dalam upaya untuk menekan tingkat penyebarannya metode pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara langsung dan betatapmuka dirubah menjadi pembelajaran jarak jauh menggunakan media online, hal ini berdampak pada efektifitas pembelajaran di SMPN 2 Cileunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Online (Daring) Ditengah Wabah Virus Covid-19 yang berlokasi di SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Kerangka pemikiran dari penelitian ini adalah proses pendidikan dan belajar mengajar di SMPN 2 Cileunyi terdampak dari adannya kebijakan untuk menjalankan penerapan belajar mengajar menggunakan media online atau secara daring, tentu hal ini menjadi sesuatu yang baru bagi guru dan siswa, maka dari itu dalam segi penerangannya perlu adanya adaptasi sistem pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi dekumentasi, observasi lapangan dan wawancara kepada objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemanfaatan Program Online dalam proses pembelajaran di sekolah SMPN 2 Cileunyi menjadi solusi tepat untuk berlangsungnya pembelajaran secara jarak jauh, menggunakan media Aplikasi Zoom dan WhatsApp guru dapat memanfaatkan internet sebagai sumber bahan ajar dengan mengakses rencana pembelajaran atau silabus online dengan metodologi baru. Faktor Pendukung adalah memberikan bantuan sarana dan prasarana berupa kuota internet dan Faktor Penghambat nya adalah waktu yang terbatas menjadi salah satu kendala yang dialami guru, keterbatasan ini dikarenakan guru kekurangan waktu untuk menyampaikan materi secara keseluruhan, Jaringan internet yang lemot dan gangguan menjadikan siswa terganggu. Efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Cileunyi sudah berjalan cukup baik, meskipun terdapat beberapa kendala, program pembelajaran ini sangat baik diterapkan dalam situasi dan kondisi pandemic covid saat ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pembelajaran PAI; Media Online
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Milla Zakiyah
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:46
Last Modified: 01 Aug 2022 07:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54366

Actions (login required)

View Item View Item