Arnisah, Arnisah (2022) Penerapan model pembelajaran Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating (SIMAS ERIC) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (566kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki peserta didik di abad 21 dan dilatih kepada peserta didik. Upaya yang meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing,Communicating (SIMAS ERIC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran SIMAS ERIC dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran SIMAS ERIC pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Rancaekek dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran SIMAS ERIC berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 94% dan peserta didik sebesar 86%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 34,06 dan nilai t_tabel 2,042 (t_hitung>t_tabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran SIMAS ERIC dengan nilai N-gain sebesar 0,81 pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Skimming; Mind Mapping; Questioning; Exploring; Writing; Communicating (SIMAS ERIC); keterampilan berpikir kritis; momentum dan impuls |
Subjects: | Education, Research Physics > General Publications of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Arnisah Arnisah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 04:20 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 04:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54393 |
Actions (login required)
View Item |