Dinamika dakwah pada komunitas geng motor : Studi deskriptif tentang kegiatan dakwah Moonraker Syariah di Kalangan Komunitas Geng Motor Moonraker Bandung

Kurtubi, Farhan Ahmad (2022) Dinamika dakwah pada komunitas geng motor : Studi deskriptif tentang kegiatan dakwah Moonraker Syariah di Kalangan Komunitas Geng Motor Moonraker Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah merupakan sebuah kegiatan yang wajib bagi setiap muslim. Perkembangan zaman dan teknologi yang pesat, metode dan media dakwah yang semakin beragam, mulai dari media konvensional hingga media yang sangat modern, dakwah bisa ditemui dimana saja dan kapan saja. Memiliki sebuah hobu bukan menjadi halangan bagi setiap individu untuk melakukan dakwah. Salah satunya memiliki hobi bermotor. Salah satu komunitas yang mewadahi seluruh anggotanya dalam hobi motor dan berdakwah adalah komunitas Moonraker Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dakwah, strategi dakwah, dan juga problematika dakwah Moonraker Syariah di kalangan geng motor Moonraker Bandung. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kualittaf dan teori kebutuhan beragama yang dikenalkan oleh Durkheim. Teori ini digunakan untuk mengetahui bagaimana dinamika dakwah yang terjadi pada proses dakwah komunitas Moonraker Syariah. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, peneliti menemukan empat kesimpulan utama: Petama, proses pelaksanaan kegiatan dakwah berjalan dengan baik dan lancar dalam perkembangannya. Kedua, strategi dakwah yang dilakukan oleh Moonraker Syariah tidak hanya dapat menarik minat masyarakat, tetapi juga bagaimana menjaga mempertahankan, dan meningkatkan iman serta keinginan untuk terus belajar ilmu agama. Ketiga, problematika yang dihadapi geng motor Moonraker Syariah tidak terlalu terlihat, sebab banyak pihak yang mendukung kegiatan ini. Keempat, dinamika dakwah Moonraker Syariah dimulai dari pembentukan awal, penguatan internal, dan juga perkembangan dakwah komunitas Moonraker Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dinamika; Dakwah; Komunitas;
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Farhan Ahmad Kurtubi
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:58
Last Modified: 02 Aug 2022 07:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54436

Actions (login required)

View Item View Item