Pengaruh penyajian berita di media sosial terhadap ketertarikan mahasiswa untuk membaca berita : Studi survei pada anggota Lembaga Pers Mahasiswa Jurnalposmedia periode 2020-2021 tentang media sosial Instagram Kumparan

Sukma, Anshary Madya (2022) Pengaruh penyajian berita di media sosial terhadap ketertarikan mahasiswa untuk membaca berita : Studi survei pada anggota Lembaga Pers Mahasiswa Jurnalposmedia periode 2020-2021 tentang media sosial Instagram Kumparan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena teknologi yang terus berkembang dengan mengubah hal yang awalnya sulit didapatkan menjadi sangat mudah, seperti mendapatkan informasi saat ini menjadi sangat mudah, walaupun hanya berdiam diri saja. Lalu, melihat fenomena hal tersebut perusahaan media banyak memanfaatkan media sosial yang merupakan hasil dari percepatan teknologi sebagai sarana mereka untuk menyebarkan berita salah satunya perusahaan media Kumparan, dengan melakukan pengemasan yang menarik seperti konten video berita dan infografis membuatnya dapat menarik perhatian para pembacanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh konten Instagram Kumparancom (X) terhadap ketertarikan minat baca anggota Lembaga Pers Mahasiswa Jurnalposmedia periode 2020-2021 (Y), yang nantinya barometer dari minat baca tersebut terlihat dari respon kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan) dan konatif (perilaku) dan juga mencari tahu seberapa signifikan pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R dari Hovland (1953) yang menjelaskan bahwa bahwa komunikan akan membuat reaksi tertentu ketika ada stimulus khusus, yang berarti jika disambungkan dalam penelitian ini adalah pengaruh konten Instagram Kumparan (S) kepada anggota Jurnalposmedia 2020-2021 (O) akan menghasilkan respon (R). Metode penelitian dalam penelitian ini melalui metode kuantitatif dengan langkah penyebaran kuesioner, lalu data tersebut akan diolah menggunakan software statitiska, yaitu SPSS dan microsoft excell. Hasilnya penelitian ini membuktikan bahwa responden menyetujui adanya pengaruh konten Instagram Kumparancom terhadap ketertarikan minat baca dengan skor rata-rata 3.94 . Hal tersebut berasal dari pengaruh variabel independen konten Kumparancom terhadap variabel dependen yang meliputi suatu respon( kognitif, afektif, konatif) dari responden dengan hasil uji regresi linear sederhana (uji f, uji t dan uji signifikansi 5%) dan persentase sebesar 53.9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respon; Ketertarikan; Minat Baca; Media Sosial; Instagram
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Anshary Madya Sukma
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:56
Last Modified: 04 Aug 2022 04:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54537

Actions (login required)

View Item View Item