Akbari, Siti Insani (2022) Manajemen kurikulum pesantren : Penelitian di Pesantren Siswa Al Ma'soem Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (897kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertimbangan peneliti bahwa manajemen kurikulum pesantren yang kurang maksimal, hal tersebut menjadikan peneliti khawatir pada perkembangan pesantren di era global. Sehingga dalam hal ini peantren diharuskan adanya inovasi dan redesain agar tidak tenggelam di tengah-tengah lembaga pendidikan lainnya yang terus berkembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi manajemen kurikulum di Pesantren Siswa Al Ma’soem. Beberapa hal yang diidentifikasi sesuai dengan rumusan yang telah ditentukan, sehingga tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan yang sudah diformulasikan seuai teori. Adapun dalam proses manajemen kurikulum yang dididentifikasi disini meliputi penetapan area, penetapan personalia, penetapan prosedur, implementasi hingga evaluasi kurikulum. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif metode deskriptif. Adapun untuk pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display hingga verifikasi, dan terakhir data di absahkan melalui triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kurikulum di pesantren Siswa Al Ma’soem meliputi penetapan area adanya analisis internal dan ekternal, fokus pada siswa dan tetap berpegang pada prinsip cageur, bageur, pinter. Kemudian dalam penetapan personalia penyusun kurikulum di Pesantren Siswa Al Ma’soem melibatkan tenaga professional internal yaitu pimpinan dan seluruh tenaga pengajar, dan penanggungjawab tetap ada pada staff khusus Bidang Kurikulum. Selanjutnya prosedur yang ada di pesantren adalah adanya tata tertib yang diterapkan dalam seluruh kegiatan pesantren dan diberlakukan poin. Kemudian dalam Implementasi kurikulum ada beberapa hal yang dipersiapkan, seperti kesiapan Ustadz, kesiapan santri, kesiapan fasilitas, kesiapan biaya dan kesiapan pimpinan. Terakhir evaluasi kurikulum dilakukan setiap tahun sekali, namun ada agenda bulanan dan harian untuk terus melakukan penilian dan perbaikan yang diorientasikan pada perkembangan santri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kurikulum; Pesantren |
Subjects: | Islam Education Curricula Curricula > Curriculum Development Management Housekeeping |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Insani Akbari |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 07:23 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 07:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54544 |
Actions (login required)
View Item |