Motivasi keagamaan peziarah makam Syech Abdul Jalil: Studi deskriptif peziarah di Kampung Adat Dukuh, Ds. Ciroyom, Kec. Cikelet, Kab. Garut

Resita, Awis (2020) Motivasi keagamaan peziarah makam Syech Abdul Jalil: Studi deskriptif peziarah di Kampung Adat Dukuh, Ds. Ciroyom, Kec. Cikelet, Kab. Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy

Abstract

Kampung Adat Dukuh adalah satu-satunya situs adat yang berada di wilayah Garut Selatan, seperti kampung adat lainnya Dukuh juga mempunyai situs yang dikeramatkan yaitu makam Syekh Abdul Jalil yang tidak lain adalah pendiri sekaligus tokoh penyebar agama Islam di kampung Dukuh. Ziarah merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh manusia ke tempat-tempat yang dianggap mempunyai kesucian dan menjadi tradisi saat dilakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi lainnya. Di zaman yang sudah maju ini ziarah masih tetap dilestarikan oleh sebagian manusia terutama ke makam tokoh yang semasa hidupnya mempunyai peranan penting dalam penyebaran agama Islam. Sebab itu akan beragam juga maksud dan tujuan yang di bawanya. Seperti contohnya studi peziarah yang datang ke Makam Syekh Abdul Jalil. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui motivasi apa yang dibawa oleh penziarah dengan menggunakan teori Zakiyah Drajat yaitu motivasi keagamaan serta dalam praktek keagamaannya digunakan teori Joachim Wach yang kemudian melahirkan hubungan yang erat antara agama dan magis dalam teori Malionowski dimana agama tanpa magis tidak akan sepenuhnya diterima oleh manusia sebagai zat yang mengandung ekstasi dan melalui pendekatan fenomenalogi. Dengan pendekatan fenomenalogi ini penulis berusaha menangkap fakta nyata yang ada dilapangan terhadap keagamaan peziarah yang hadir karena dorongan pemenuhan kebutuhan. Metode yang dipakai adalah deskriptif dengan menuangkan fenomena yang didapat dalam bentuk narasi, Jenis data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan dilengkap teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Dalam hasil penelitian ditemukan bahwa para peziarah makam Syekh Abdul Jalil memiliki beragam tujuan diantaranya mencari berkah serta ketenangan batin, tradisi turun temurun, bertawasul, bertabaruk, dimudahkan dalam setiap urusan, dan sebagai situs yang digemari untuk para peneliti juga. Di dalam berzirah manusia memiliki kesadaran yaitu kesadaran dalam beragama baik dari faktor dorongan keluarga, teman dan lingkungan sekitar. Dan yang paling inti adalah untuk mencapai tujuan yang diinginkannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ziarah; Motivasi; Pengalaman Keagamaan; Agama dan Magis;
Subjects: Doctrines of Religions
Doctrines of Religions > Gods and Goddesses
Religious Experiences
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Awis Resita
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:16
Last Modified: 09 Aug 2022 03:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54661

Actions (login required)

View Item View Item