Pengaruh self-regulated learning terhadap tingkat anxiety pada santri pesantren Al-Amin Sindangkasih

Nurkholifah, Nahla (2022) Pengaruh self-regulated learning terhadap tingkat anxiety pada santri pesantren Al-Amin Sindangkasih. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Masalah kecemasan yang dialami santri dapat berakibat pada penurunan kemampuan akademiknya, sehingga self-regulated learning menjadi salah satu strategi guna mengatasi kemungkinan ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kemandirian belajar (self-regulated learning) terhadap tingkat kecemasan (anxiety) pada santri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan kausalitas. Subjek penelitian 126 santri aktif kelas 10 dan 11 Pesantren Al-Amin Sindangkasih jenjang MA/SMA. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukan bahwa tingkat kecemasan (anxiety) dan self-regulated learning santri dominan pada kategori sedang. Uji regresi menujukkan bahwa self-regulated learning tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat anxiety pada santri dengan sumbangsih sebesar 2.3%, dan arah pengaruh negatif. Aspek behavior dalam self-regulated learning memiliki pengaruh yang lebih besar (2.8%) daripada aspek cognition dan motivation. Pengaruh self-regulated learning lebih besar ditemukan pada aspek trait anxiety. Santri dengan Trait anxiety kategori tinggi lebih banyak daripada state anxiety dengan kategori yang sama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self-regulated learning; Anxiety; Santri
Subjects: Psychology > General Publications of Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Nahla Nurkholifah
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:51
Last Modified: 09 Aug 2022 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54689

Actions (login required)

View Item View Item