Hermawan, Henda (2021) Pembuatan media pembelajaran kartun menggunakan stiker whatsapp pada konsep sistem periodik unsur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya suatu media pembelajaran yang dapat digunakan pada proses pembelajaran melalui aplikasi whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan produk media pembelajaran pada konsep sistem periodik unsur, serta menganalisis hasil uji validasi dan uji coba terbatas media. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Design Based Research yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan dan pengembangan. Berdasarkan instrumen yang digunakan yaitu flowchart dan storyboard dilakukan pembuatan media pembelajaran yang terdiri dari 15 stiker whatsapp dengan nomor atom, lambang atom dan masa atom relative yang berbeda dan masing-masing tampilan media memiliki karakteristik kesesuaian ilustrasi atau gambar dengan kegunaan unsur dan kesesuaian bahasa yang digunakan dalam proses pembelajaran melalui aplikasi whatsapp, sehingga pengguna dapat mengidentifikasi periode, golongan dan mengklasifikasikan unsur termasuk logam, nonlogam atau metaloid. Hasil uji validasi diperoleh nilai rata-rata rhitung 0,82 dan hasil uji coba terbatas sebesar 92% sehingga media pembelajaran stiker whatsapp berpotensi untuk menunjang proses pembelajaran pada konsep sistem periodik unsur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran;sistem periodik unsur;stiker whatsapp |
Subjects: | Chemistry and Allied Science Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Henda Hermawan |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 04:51 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 04:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54779 |
Actions (login required)
View Item |