Aktivitas dakwah pengajian mingguan : Penelitian pada Majelis Taklim Al-Muhajirin Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Rahmasari, Desy (2022) Aktivitas dakwah pengajian mingguan : Penelitian pada Majelis Taklim Al-Muhajirin Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang keagamaan demi bisa mengubah pandangan hidup manusia. Sikap bathin dan perilaku manusia agar kembali ke jalan yang benar dan tidak melenceng. salah satu usaha untuk menambah dan memberikan pengetahuan baik itu pengetahuan yang bersifat keagamaan ataupun yang bersifat umum yaitu melalui kegiatan dari majelis taklim. Majelis taklim merupakan perantara penggerak masyarakat untuk berubah ke jalan yang lebih baik lagi. Majelis taklim berperan penting dalam menguatkan serta meneguhkan keimanan setiap individu masyarakat. Penelitian ini berlandaskan teori Glock and Stark tentang keberagamaan, yang dalam bahasanya dikenal dengan religiusitas. Dimana ia mengemukakan bahwa seseorang yang memeluk atau menganut sebuah agama maka mempunyai komitmen. Komitmen tersebut terbagi menjadi lima dimensi yaitu : 1) Dimensi kepercayaan (belief), yaitu keyakinan terhadap nilai-nilai yang terkandung pada ajarannya, 2) Dimensi praktik (ritualistik), yaitu bentuk peribadatan yang dilakukan oleh seseorang yang sudah memiliki keyakinan atas ajarannya, 3) Dimensi pengalaman (experience), yaitu pengalaman yan didapatnya bersifat ruhanniyah dan mungkin sulit untuk dideskripsikan, 4) Dimensi pengetahuan agama, yaitu dimana tingkat pemahaman akan sebuah ajaran maka ia ketahui dan jabarkan, 5) Dimensi etis atau pengamalan, yaitu proses sosial yang dilakukan oleh seseorang yang mempunyai keyakinan dan pemahaman pengetahuan ajaran yang dianutnya. Berdasarkan analisis yang peneliti telah lakukan, maka terdapat hasil sebagai berikut : 1) Keberadaan majelis taklim Al-Muhajirin dinilai mempunyai peran yang penting dalam membangun nilai keberagamaan diwilayah sekitarnya terkhusus komplek Islamic Center, 2) Problematika yang dihadapi majelis taklim Al-Muhajirin bisa terbilang kompleks sehingga permasalahan tersebut harus diselesaikan secara bertahap dan hati-hati., 3) Efektivitas dari kegiatan dakwah mingguan majelis taklim Al-Muhajirin berdasarkan analisis Glock and Stark adalah bagaimana jamaah bisa mempercayai nilai ajaran islam, mengamalkan, dan mempraktikkan yang diajarkan di majelis taklim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Dakwah; Glock and Stark; Majelis Taklim;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Desy Rahmasari
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:20
Last Modified: 11 Aug 2022 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54888

Actions (login required)

View Item View Item