Relevansi nilai-nilai moral dalam film kartun Syamil dan Dodo tema Ikhlas, Sabar, Jujur dengan pembelajaran akidah akhlak di MI

Rachmandita, Selvy Nabila (2022) Relevansi nilai-nilai moral dalam film kartun Syamil dan Dodo tema Ikhlas, Sabar, Jujur dengan pembelajaran akidah akhlak di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Pokok masalah yang ada pada penelitian ini adalah banyaknya tindakan atau perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW termasuk pada tontonan anak yang masih dikalangan dasar mereka melihat contoh perilaku yang menyimpang atau secara tidak langsung bisa melemahkan karakter anak sehingga dapat mengakibatkan perbuatan yang tidak baik, saat ini perkembangan film kartun di Indonesia terus meningkat. Unsur edukasi yang sulit ditemukan dalam film, menjadi alasan NCR Production membuat film kartun Syamil dan Dodo. Film ini merupakan film kartun yang kaya akan nilai edukasi Islam, dengan adanya film ini dapat membantu orangtua maupun pendidik dalam mengenalkan niai-nilai Islam. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, 1) untuk mengetahui apa saja nilai-nilai moral yang terkandung dalam film kartun Syamil dan Dodo, 2) untuk mengetahui bagaimana relevansi film kartun Syamil dan Dodo dengan pembelajaran akidah akhlak di MI. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa apa yang yang dilihat anak sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan dan pertumbuhan, termasuk dari segi moral yang dapat mempengaruhi perilaku dan perbuatan yang dilakukan oleh anak. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dan peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dengan kajian pustaka menggunakan sumber data primer yaitu film kartun Syamil dan Dodo dan penggunaan buku yang relevan yang sesuai dengan penelitian dan teknik pengumpulan data yang bersumber dari dokumen, gambar, dan video. Berdasarkan analisis data yang diperoleh simpulan bahwa didalam film kartun Syamil dan dodo siswa sehari-hari hendaknya dalam menonton film tersebut harus ada nilai moral seperti 1) Nilai Moral Terhadap Allah SWT yang meliputi Ikhlas, Berdo’a, Bersyukur, Dzikrullah 2) Nilai Moral Terhadap Pribadi yang meliputi sabar, jujur, amanah, dan saja’ah 3) Nilai Moral Terhadap Sesama Manusia yang meliputi musyawarah dan saling tolong menolong, 4) Nilai Moral Terhadap Alam Semesta yang meliputi sadar dan memelihara kelestarian alam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Moral; Akidah Akhlak
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Selvy Nabila Rachmandita
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:43
Last Modified: 11 Aug 2022 01:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54890

Actions (login required)

View Item View Item