Rofiq, Ade (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Thinking Skill (HOTS) pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah permasalahan dalam proses belajar mengajar dimana guru masih menggunakan metode ceramah dan kurangnya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran yang menjadikan siswa kurang memahami konsep dari materi yang diajarkan. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan LKPD dengan tujuan untuk mengkaji proses pengembangan, kelayakan, dan respon dari peserta didik terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Keanekaragaman Hayati kelas X. Jenis penelitian ini adalah Reseach & Development yang mengacu pada model 4D yang disederhanakan menjadi model 3D (Define), (Design), dan (Development) yang bertujuan untuk melakukan riset guna mendapatkan informasi untuk membuat sebuah produk baru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket validasi ahli, dan angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah validasi kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan perolehan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 80%, ahli media sebesar 85%, oleh guru mata pelajaran sebesar 80%, dan tanggapan dari 25 peserta didik terhadap LKPD berbasis HOTS memiliki persentase 84%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembuatan LKPD berbasis HOTS menggunakan berbagai tahapan penyusunan mulai dari pemilihan bahan ajar, penentuan format, dan pembuatan bahan ajar. Hasil validasi oleh validator terhadap LKPD berbasis HOTS memiliki tingkat kelayakan yang baik dengan perolehan hasil validasi ahli materi sebesar 80%, ahli media sebesar 85%, oleh guru mata pelajaran sebesar 80%, dan tanggapan dari peserta didik terhadap LKPD berbasis HOTS memiliki persentase 84%, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang sedang dikembangkan termasuk kedalam kriteria layak untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HOTS; Keanekaragaman Hayati; LKPD; Pengembangan; |
Subjects: | General Management > Research and Development Management (R and D) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ade Ropiq |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 02:46 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 02:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/54908 |
Actions (login required)
View Item |