Sosialisasi nilai-nilai religiusitas oleh orang tua kepada remaja di tengaharaknya perilaku menyimpang: Studi di Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru, Kota Bandung

Yuliani, Wina (2022) Sosialisasi nilai-nilai religiusitas oleh orang tua kepada remaja di tengaharaknya perilaku menyimpang: Studi di Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4. Bab 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang sosialisasi nilai-nilai religiusitas oleh orang tua pada remaja di tengah maraknya perilaku menyimpang dengan fokus kajian di Kelurahan Pasirbiru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui bentuk sosialisasi nilai-nilai religiusitas dalam kehidupan sehari-hari anak-anak remaja di Kelurahan Pasirbiru, mengetahui faktor-faktor yang mendorong dan menghambat orangtua dalam mengsosialisasikan nilai-nilai religiusitas terhadap remaja, dan mengetahui dampak sosialisasi nilai religiusitas dari orang tua terhadap pencegahan masalah sosial remaja di Kelurahan Pasirbiru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Adapun teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori sosialisasi George Herbert Mead yang terdiri beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, tahap meniru, tahap siap bertindak dan tahap penerimaan kolektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode analisis kualitatif dengan metode analisis narasi (narrative analysis) dan tahapan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sosialisasi nilai-nilai religisitas oleh orang tua kepada anak-anak remaja mereka dilakukan melalui dua bentuk dengan berbagai strategi yaitu sosialisasi primer dengan strategi-strategi penanaman nilai-nilai Islam melalui shalat, mengajarkan membaca Al-quran, akhlak dan puasa di bulan Ramadhan, dan sosialisasi sekunder dengan strategi-strategi memasukan anak mengaji ke madrasah dan sekolah agama. Ditemukan pula faktor-faktor pendorong dan penghambat orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas kepada anak-anak remaja mereka. Faktor-faktor pendorong tersebut adalah adanya lembaga pendidikan agama seperti Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dan motivasi dari orang tua. Adapun faktor-faktor penghambatnya adalah lingkungan sosial yang tidak kondusif, keterbatasan pengetahuan orang tua, sikap/watak anak, dan kesibukan orang tua. Dampak dari sosialisasi nilai-nilai religisitas dari orang tua terhadap anak-anak remaja ini adalah anak-anak remaja mengetahui nilai nilai tentang agama dan dengan memahami nilai agama yang diberikan orang tua para remaja jadi memiliki sikap keagamaan yang baik sehingga mereka terhindar dari perilaku remaja yang menyimpang dari nilai dan norma sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi; nilai-nilai religiusitas; orang tua; kenakalan remaja
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wina Yuliani
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:52
Last Modified: 15 Aug 2022 04:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55009

Actions (login required)

View Item View Item