Implementasi bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam menanggulangi tingkat putus sekolah ditinjau dari perspektif ekonomi syariah: Penelitian di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka

Kartika, Tia (2020) Implementasi bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam menanggulangi tingkat putus sekolah ditinjau dari perspektif ekonomi syariah: Penelitian di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Program Keluarga Harapan adalah program yang memiliki tujuan yakni untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat, ataupun keluarga sangat miskin untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia, melalui pendidikan dan kesehatan, dan untuk memperbaiki sistem ekonomi dalam keluarga yang dikategorikan keluarga sangat miskin. Akan tetapi dalam praktiknya, Program Keluarga Harapan (PKH) tidak luput dari berbagai permasalahan. Dari sisi input, berdasarkan observasi lapangan dari pendamping PKH, ada beberapa permasalahan yang ditemui, antara lain ketidaktepatan sasaran program, artinya yang menjadi peserta Program Keluarga Harapan (PKH) adalah warga yang sudah mampu. Dari sisi implementasi, dalam pemeriksaannya, BPK RI masih menemukan permasalahan dalam pelaksanaan PKH secara nasional, antara lain komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung PKH masih kurang, proses validasi tidak sesuai ketentuan sehingga hasil validasi tidak akurat, proses verifikasi atas komitmen peserta PKH terhadap kesehatan dan pendidikan belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap penanggulangan tingkat putus sekolah di kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka perspektif ekonomi syari’ah, faktor yang mempengaruhi pendistribusian bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam penanggulangan tingkat putus sekolah di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka perspektif ekonomi syari’ah, solusi dari implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam penanggulangan tingkat putus sekolah di kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka perspektif ekonomi syari’ah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif merupkan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan dan menggambarkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, Kontribusi Program Keluarga Harapan (PKH), dalam Meningkatkan Taraf Hidup terhadap Masyarakat Miskin di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka dapat memberikan kontribusi yang cukup baik, dilihat dari pelayanan pendidikan, tingkat anak putus sekolah, tingkat kesehatan, dan tingkat angka kematian.. Kedua, Faktor pendistribusian dalam Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. Pertama, tidak ada pendamping PKH yang intens mendampingi para peserta PKH untuk melakukan transformasi perubahan kesejahteraan hidup. Karena kondisi tersebut menyebabkan tidak terkontrol pengeluaran belanja yang digunakan oleh peserta PKH, sehingga kerap dana PKH dibelanjakan di luar ketentuan yang dipersyaratkan dalam program keluarga harapan, Ketiga, Solusi dari Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka, dapat dilihat dari proses sosialisasi hingga distribusi dana PKH yang dilakukan oleh pendamping.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PKH; Penanggulangan putus sekolah; ekonomi syariah;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Tia Kartika
Date Deposited: 15 Aug 2022 10:38
Last Modified: 15 Aug 2022 10:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55039

Actions (login required)

View Item View Item