Persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA di SD: Penelitian Mixedmethods di Kelas V SDN 068 Sindanglaya

Utari, Nada Aliya (2022) Persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA di SD: Penelitian Mixedmethods di Kelas V SDN 068 Sindanglaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala-kendala yang terjadi pada proses pembelajaran daring. Kendala terjadi dapat menyebabkan ketidak tercapainya kompetensi yang harus dimiliki siswa. Pembelajaran yang sebelumnya dialkukan secara tatap muka di dalam ruang kelas menjadi dalam jaringan. Mata pelajaran IPA pada saat pembelajaran daring selain memberikan banyak kemudahan, juga terdapat kendala. Dengan demikian, timbulah berbagai persepsi-persepsi baik dari guru maupun siswa khususnya mengenai mata pelajaran IPA melalui sistem pembelajaran daring di SDN 068 Sindanglaya. Tujuan dari penelitian ini ialah, 1) mendeskripsiskan persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran daring mata pelajaran IPA, 2) mendeskripsikan hal-hal yang menjadi kendala dalam pembelajran daring mata pelajaran IPA, 3) menderskripsikan solusi terhadap pembelajaran daring mata pelajaran IPA. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan campuran dengan metode mixmethods model concurrent embedded. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket atau kuesioner, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang berdasarkan Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian yaitu, bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA di kelas VB SDN 068 Sindanglaya ini secara keseluruhan adalah 83% berkategori baik, selain itu siswa paham penggunaan teknologi dalam pembelajaran online, akan tetapi pembelajaran online ini menjadi tidak efektif disebabkan ada beberapa kendala, yakni : 1) signal, 2) keterbatasan waktu, 3) handphone yang dipakai secara bersama, 4) kesulitan dalam memahami materi. Selain itu, hasil wawancara guru menyatakan bahwa pembelajaran daring ini merupakan strategi tepat untuk digunakan pada masa sekarang, akan tetapi guru merasa belum efektif dikarenakan kurangnya pemahaman pada teknologi, adanya kendala dan faktor saat pembelajaran daring berlangsung, serta media yang digunakan kurang variatif. Sebab guru hanya menggunakan beberapa media saja seperti whatsapp group dan google form. Adapun solusi mengenai kendala tersebut menggunakan stategi yang menarik (seperti pemberian video), mengadakan pertemuan dengan siswa di sekolah jika siswa tersebut belum faham materi yang disampaikan, melakukan personal chat kepada guru, handphone yang bersamaan dengan orang tuanya bisa dilakukan home visit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru; Persepsi Siswa; Pembelajaran Daring
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nada Aliya Utari
Date Deposited: 01 Sep 2022 08:13
Last Modified: 06 Sep 2022 06:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55043

Actions (login required)

View Item View Item