Efektivitas peningkatan Pendapatan Asli Desa Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cahaya Bumi Perkasa Desa Pekiringan Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga

Tias, Antika Meirlining (2022) Efektivitas peningkatan Pendapatan Asli Desa Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cahaya Bumi Perkasa Desa Pekiringan Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan desa merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencapai pembangunan nasional. Untuk itu pemerintah menjalankan beberapa program ke desa, salah satunya dengan mengucurkan dana desa. Untuk mengelola kekayaan dan potensi desa maka dibutuhakn suatu badan atau lembaga berbasis pedesaan, yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pendirian BUMDes di Indonesia didasarkan pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. BUMDes sendiri salah satunya bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Tujuan penelitian dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas dari BUMDes Cahaya Bumi Perkasa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa Desa Pekiringan. Indikator untuk menentukan efektivitas diukur dengan beberapa pendekatan yaitu pendekatan sumber eskternal, pendekatan sistem internal, dan pendekatan teknis. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dimana suatu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu peristiwa untuk diambil kesimpulan secara umum dan didukung oleh wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan sumber eksternal sudah berjalan dengan baik dengan adanya peran Pemerintah Desa Pekiringan dalam pemberian dukungan dan melakukan pengawasan terhadap pengelolaan BUMDes, pendekatan sistem internal bahwa BUMDes Cahaya Bumi Perkasa belum berjalan optimal. BUMDes sudah melakukan inovasi pengembangan unit usaha dengan melakukan pemetaan potensi desa dan meningaktkan pelayanan kepada masyarakat yang terlibat. Selain itu BUMDes Cahaya Bumi Perkasa sudah berkontribusi terhadap pemasukan Pendapatan Asli Desa Pekiringan. Pendekatan teknis sendiri sudah berjalan baik dengan pelayanan yang diterima masyarakat. Simpulan yang didapat dalam penelitian ini bahwa BUMDes Cahaya Bumi Perkasa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa Pekiringan khususnya mengacu pada pendekatan sistem internal dinilai belum efektif. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Desa Pekiringan tahun 2019-2021 mengalami penurunan. Selain itu pada kurun waktu tersebut juga terdapat peningkatan presentase kontribusi BUMDes terhadap Pendapatan Asli Desa meskipun jika dilihat dari nominal pemasukan laba mengalami naik-turun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; BUMDes; Pendapatan Asli Desa
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Customs of People > Organization and Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Antika Meirlining Tias
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:27
Last Modified: 23 Aug 2022 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55103

Actions (login required)

View Item View Item