Sopiah, Sopi (2014) Kontribusi media online terhadap studi jurnalistik: sikap mahasiswa terhadap penggunaan media online dalam mendukung proses pembelajaran penulisan berita pada mahasiswa jurnalistik tahun angkatan 2011. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (527kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
Abstract
Dunia jurnalistik saat ini berkembang dengan pesat seiring perkembangan dalam dunia teknologi dan informasi. Jurnalistik dengan media online tidak dapat dipisahkan setelah terjadi korvergen media, bahkan banyak mahasiswa lebih memanfaatkan media online sebagai sarana alternatif dalam menunjang kegiatannya. Mahasiswa Jurnalistik merupakan bagian dari warga akademik yang dituntut untuk memahami seluk beluk ilmu jurnalistik di tataran teori maupun praktik, juga memiliki kebutuhan kognitif dan kebutuhan afektif. Maka dari itu, mahasiswa Jurnalistik dituntut untuk melek informasi, bahkan ikut menjadi bagian yang mengikuti perkembangan informasi dari dunia maya. Teks-teks berita yang disajikan media online kepada publik dapat menjadi referensi utama mahasiswa jurnalistik dalam rangka mengakrabi bahasa jurnalistik bidang online.Ragam berita yang disajikan di media online berpeluang untuk mengakrabkan mahasiswa yang membacanya, sehingga berita-berita tersebut bisa menjadi referensi ketika mahasiswa membuat beritanya sendiri dengan model serupa dengan yang dicontohkan oleh berita dari media online tertentu yang dibacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media online oleh mahasiswa, bagaimana proses pembelajaran penulisan berita dengan media online dan kontribusi media online terhadap studi jurnalistik yang lebih dikhususkan pada penulisan berita. Penelitian ini menggunakan dua teori, yang pertama uses and gratification. Seperti yang disebutkan oleh Katz, Gureevitch dan Haas (1974) penggunaan media ini dapat dikategorikan melalui tipe media, isi media, jumlah waktu yang digunakan untuk mengakses media dan konteks sosial dalam konsumsi media. Kedua yaitu teori kontruktivisme yang mengasumsikan proses belajar, dimana proses belajar tersebut adalah proses untuk pengetahuan melalui pegalaman nyata dari lapangan. Teori ini memberikan keaktifan terhadap manusia untuk belajar menemukan sendiri kompetensi, pengetahuan dan teknologi dan hal lain guna diperlukan untuk mengembangkan dirinya sendiri. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/melukiskan/obyek penelitian (seorang,lembaga, masyarakat, dan lain-lain), pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Jenis data yang digunakan ialah data kuantitatif melalui penyebaran angket dan pengolahannya digunakan rumus statistik. Adapun hasil penelitian berdasarkan analisis statistik penggunaan media online (variabel x) termasuk kriteria tinggi dilihat dari segi aspek durasi, frekuensi, dan membaca berita dengan nilai rata-rata 56,2%. Sedangkan proses pembelajaran penulisan berita (variabel y) dengan menggunakan media online mendapatkan nilai rata-rata 55,6%, artinya mahasiswa jurnalistik memiliki antusias tinggi dalam belajar menulis berita dengan menggunakan media online sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas menulis berita. Koefisien korelasi antara variabel X dengan variabel Y menunjukan korelasi “tinggi” yang artinya mahasiswa aktif dalam menggunakan media online sebagai untuk meningkatkan kualitas menulis berita. Adapun hipotesis meunjukan diterima hipotesis alternatif (Ha), maka dapat diinterpretasikan bahwa media online memberikan kontribusi terhadap mahasiswa jurnalistik dalam belajar meningkatkan kualitas menulis berita. Hubungan variabel X dengan variabel Y dari perhitungan koefisien determinasi dengan korelasi sebesar 60,84%, hal ini berarti menunjukan bahwa media online mempunyai kontribusi cukup tinggi pada proses belajar mahaiswa jurnalistik tahun angkatan 2011 dalam bidang menulis berita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 11:07 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 11:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5516 |
Actions (login required)
View Item |