Mulya, Riski (2022) Manajemen pengembangan kompetensi pedagogik guru di MTsN 2 Bireuen. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (669kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
Abstract
Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor pendukung dan penghambat Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTsn 2 Bireuen. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan beragam informasi dan data yang berhubungan dengan Manajemen Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTsn 2 Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan Triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1)Perencanaan pengembangan kompetensi pedagogik guru di MTsN 2 Bireuen dilakukan sistematis terencana dimulai dari perencanaan konsep pemetaan terhadap guru yang membutuhkan, kemudian menganalisis perencanaan tersebut.(2) Pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik guru di MTsN 2 Bireuen sudah baik dilaksanakan diantaranya berupa mengikutkan guru dalam pelatihan, MGMP, Workshop dan beberapa forum ilmiah, studi belajar lanjut, mengadakan supervisi dan membentuk forum silaturahmi antar guru, meningkatkan kesejahteraan guru, penambahan fasilitas penunjang dan layanan.(3) Hasil evaluasi kinerja guru pada domain pelaksanaan pembelajaran, guru yang sudah mengikuti pelatihan sudah berada pada kategori baik, karena dianggap mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik dalam menjelaskan materi kepada siswa secara lisan maupun tertulis (4) Faktor pendukung yaitu pihak madrasah sangat mendukung program ini, begitu juga dengan department agama kabupaten Bireuen mereka sangat mendukung dan menfasilitasi setap kegiatan yang diadakan, sedangkan faktor penghambat guru di madrasah ini rata-rata sudah berumur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pengembangan; Kompetensi Pedagogik Guru |
Subjects: | Education General Management > Education, Research of Management General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Riski Mulya |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 00:56 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 00:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55293 |
Actions (login required)
View Item |