Manajemen mutu layanan pembelajaran keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri Sumedang

Rokayah, Nendah Siti (2022) Manajemen mutu layanan pembelajaran keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan sektor dalam bidang jasa yang memberikan layanan pendidikan guna meningkatkan kualitas individu masyarakat itu sendiri. Kualitas atau mutu suatu lembaga pendidikan menjadi parameter yang menentukan kepentingan sosial-ekonomi dalam bidang pendidikan dan tercermin melalui efektifitas yang menyeluruh dengan cara memuaskan kebutuhan para penggunanya. Keberhasilan suatu lembaga ditentukan oleh model manajemen yang diterapkan, sementara keberhasilan manajemen itu sendiri ditentukan oleh pemimpinnya. Sehingga untuk menciptakan mutu lembaga pendidikan yang baik diperlukan adanya manajemen mutu yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen mutu layanan pembelajaran keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang melibatkan seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumedang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini merupakan peneliti sendiri. Teknik pengolahan data dan analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Sementara prosedur dan teknik pemeriksaan uji keabsahan data dipertanggungjawabkan dengan objektivitas. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa fasilitas mutu layanan dalam pembelajaran keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumedang telah dilakukan semenjak Tahun 2014 dengan mengadakan kerja sama dengan Balai Latihan Kerja sejak Surat Keterangan (SK) dikeluarkan pada tahun 2019. Adanya keterampilan otomotif, tataboga, tata busana dan computer ditunjang dengan guru mata pelajaran yang ahli dibidangnya serta fasilitas ruangan yang memadai, walaupun dalam penggunannya harus dilakukan secara bergantian karena banyaknya siswa. Sementara itu, untuk keterampilan robotik dan teknik instalasi tenaga listrik belum berjalan, hal tersebut dikarenakan belum adanya tenaga yang ahli dalam membingbing serta fasilitas media yang dibutuhkan belum tersedia. Adanya covid-19 mempengaruhi adanya keterlambatan bantuan media/alat pembelajaran untuk menunjang pembelajaran keterampilan tersebut, sehingga pihak sekolah menggunakan media/ alat belajar seadanya. Sementara itu standar kualitas mutu layanan dalam pembelajaran dilaksanakan sebaik mungkin oleh pihak sekolah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang matang dan guru mata pelajaran yang ahli serta penggunaan modul yang sesuai dari pihak BLK. Selanjutnya, prestasi mutu layanan pembelajaran keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumedang memang belum terlihat secara eksternal, namun pihak sekolah selalu mengadakan lomba dilingkungan internal dalam membangun prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Mutu Layanan; Pembelajaran Keterampilan;
Subjects: Adult Education
Adult Education > Distance Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nendah Siti
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:22
Last Modified: 31 Aug 2022 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55369

Actions (login required)

View Item View Item