Sanksi bagi pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang dilakukan oleh anak di bawah umur perspektif hukum pidana Islam: Studi putusan no.6/Pid.sus-anak/2020/PN CBN

Mujahidah, Nenden Aisyah (2022) Sanksi bagi pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang dilakukan oleh anak di bawah umur perspektif hukum pidana Islam: Studi putusan no.6/Pid.sus-anak/2020/PN CBN. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh seorang anak di bawah umur dengan disertai kekerasan yang saat ini merupakan suatu kejadian yang sangat meresahkan di kalangan masyarakat. seharusnya, anak sebagai penerus generasi bangsa, agama, dan keluarga memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. dalam kasus ini, pelaku melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan bersama teman-temannya dengan cara mengacungkan cerulit ke arah dua korban yang sedang melintas menggunakan sepeda motor merk Yamaha Vixion di Jalan Kalitanjung Kota Cirebon pada dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. oleh karena itu, perbuatan tersebut telah melanggar Pasal 365 KUHP ayat 1 dan 2 tentang tindak pidana pencurian dengan disertai kekerasan. selanjutnya, perbuatan pelaku dikategorikan ke dalam jarimah hudud dan perbuatan tersebut dapat dikenai sanksi had potong tangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: pertimbangan Hakim dalam putusan No.6/Pid.Sus-anak/2020/PN CBN terhadap sanksi tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang dilakukan oleh anak di bawah umur, perspektif hukum pidana Islam terhadap sanksi tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam putusan No.6/Pid.Sus-anak/2020/PN CBN, dan relevansi sanksi tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam hukum Nasional diatur oleh Pasal 365 KUHP ayat 1 dan 2 dan hukum Islam. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori maqashid syariah, yang mana inti dari teori tersebut adalah untuk mewujudkan kebaikan sekaligus menghindari keburukan. maqashid syariah yang berhubungan dengan penelitian ini yakni hifdzul maal (menjaga harta). Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu content analysis, karena mengacu pada pembahasan yang terdapat pada isi informasi tertulis dalam putusan Pengadilan. jenis data yang digunakan oleh peneliti yaitu jenis data kualitatif yang disajikan dalam bentuk kata-kata. sumber informasi yang digunakan oleh peneliti yaitu informasi yang berkaitan dengan objek yang diteliti, yaitu Putusan No.6/Pid.Sus-anak/2020/PM CBN. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan menganalisis dan mendeskripsikan secara detail sehingga dapat diambil kesimpulan kemudian dituangkan dalam hasil penelitian. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini pertama, bahwa pertimbangan Hakim dalam memutuskan hukuman didasarkan oleh aturan perundang-undangan dalam KUHP Pasal 1 ayat 1 serta keadaan yang memberatkan dan meringankan. kedua, menurut perspektif hukum pidana Islam mengenai sanksi terhadap kasus pelaku yaitu had potong tangan, akan tetapi jika hukuman had potong tangan tidak bisa dilakukan maka dapat dihukum berupa hukuman pengganti (dhaman).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana; Pencurian dengan Kekerasan; Hirobah.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Nenden Aisyah Mujahidah
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:21
Last Modified: 05 Sep 2022 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55435

Actions (login required)

View Item View Item