Fungsi manajemen sistem operasional perbankan Syari’ah dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan: Studi deskriptif terhadap penerapan fungsi manajemen pada PT. BPRS PNM Al-Ma’soem jalan raya Rancaekek no. 01 Desa Dangdeur Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Nulhakim, Lukman (2013) Fungsi manajemen sistem operasional perbankan Syari’ah dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan: Studi deskriptif terhadap penerapan fungsi manajemen pada PT. BPRS PNM Al-Ma’soem jalan raya Rancaekek no. 01 Desa Dangdeur Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Peranan perbankan syari’ah dalam perekonomian sudah mulai meningkat. Ada beberapa kendala dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan. Berangkat dari permaslahan tersebut, maka diperlukan manajemen atau pengaturan yang sangat baik dalam meningkatkan kualitas perbankan syariah sebagai daya saing serta memperkuat basis sistem operasional untuk memperluas sistem operasional perbankan syariah Berbagai upaya yang dilaukan perbankan syari’ah dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan, PT BPRS PNM Al-Ma’soem pada bulan maret 2005 mengeluarkan produk gadai emas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta meningkatkan kualitas produk dan layanan serta kinerja perbankan syari’ah itu sendiri. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa manajemen merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan, karena di dalam manajemen terdapat fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Manajemen tersebut tentunya tidak terlepas dari usaha sebuah perbankan syari’ah tersebut, sehingga akan diketahui baik atau tidaknya manajemen yang dilakukan perbankan syari’ah. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sistem operasional PT BPRS PNM Al-Ma’soem dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif yang mana penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung ke PT BPRS PNM Al-Ma’soem dan melakukan wawancara secara sistematis untuk mendapatkan data dan informasi, serta melakukan studi kepustakaan yaitu menelaah buku-buku literatur yang berhubungan dengan penelitian yang dibahas. Dari hasil penelitian ini, manajemen sistem operasional PT BPRS PNM Al-Ma’soem dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan sudah baik hal ini dilihat dari pendapat dan perkembangan nasabah yang meningkat serta semakin banyaknya pendirian dan pembukaan cabang PT BPRS PNM Al-Ma’soem, sehingga mempengaruhi pendapatan perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
General Management > Management of Production
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 30 Jan 2018 00:48
Last Modified: 19 Aug 2019 06:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5550

Actions (login required)

View Item View Item