Peranan Organisasi Masyarakat Muhammadiyah dalam Pemberdayaan Pendidikan Masyarakat: Penelitian di Ormas Muhammadiyah, Ranting Harumansari, Cabang Kadungora, Desa Harumansari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut

Muhammad Ikbal Akbar, Muhammad (2016) Peranan Organisasi Masyarakat Muhammadiyah dalam Pemberdayaan Pendidikan Masyarakat: Penelitian di Ormas Muhammadiyah, Ranting Harumansari, Cabang Kadungora, Desa Harumansari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Berdirinya Organisasi Masyarakat Muhammadiyah Ranting Harumansari berawal dari inisiatif beberapa tokoh masyarakat, yang merupakan aktivis sebuah Ormas besar yaitu Muhammadiyah, atas keresahannya melihat kurangnya kesadaran masyarakat tempat mereka tinggal terhadap pentingnya pendidikan, juga dalam rangka menyebarkan amar ma’ruf nahyi munkar sabagaimana yang diperintah oleh ajaran agama Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa: ormas Muhammadiyah Ranting Harumansari memiliki peran aktif dalam rangka memberdayakan masyarakat dalam bidang pendidikan, karena melihat visi dan misi ormas yang berkolerasi dengan keadaan, situasi dan kondisi masyarakat di Desa Harumansari yang belum begitu menyadari pentingnya pendidikan untuk kehidupan manusia, baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Penelitian ini, menggunakan teori pemberdayaan, pendidikan, serta pemberdayaan dalam bidang pendidikan mengacu pada teori-teori para ahli dalam bidangnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan kondisi objektif, sistematik peranan ormas Muhammadiyah Ranting Harumansari dalam pemberdayaan pendidikan masyarakat, dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menlakukan wawancara, observasi lapangan, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil pengumpulan dan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa, Organisasi Masyarakat Muhammadiyah hadir dengan langkah memberikan pemahaman, dan alternatif pemberdayaan pendidikan serta turut berperan dalam membina, mengembangkan dan memberdayakan masyarakat dengan pembekalan keilmuan, keagamaan, dan keterampilan, pelaksanaan pemberdayaan tidak terlepas dari faktor penunjang dan penghambat. Faktor penunjang, ormas ini tampil dan konsisten dalam proses pemberdayaan pendidikan masyarakat adalah karena keadaan situasi dan kondisi, oleh karena itu ormas Muhammadiyah serius dalam menggarap pemberdayaan ini dengan membangun fasilitas, mengajak para tokoh masyarakat, serta pemerintah, memberikan pemahaman dan motivasi kepada masyarakat terhadap pentingnya pendidikan. Faktor penghambat, anggota Ormas sendiri dan masyarakat kurang memahami pentingnya pendidikan. Oleh karena itu, ormas membuat solusi alternatif berbentuk kegiatan-kegiatan, informasi serta hal-hal menyangkut fisik maupun rohani masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Organisasi; Masyarakat; Muhammadiyah; Pendidikan Masyarakat; Garut
Subjects: Islam > Organizations of Islam
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 23 Jan 2018 02:53
Last Modified: 23 Jan 2018 02:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5555

Actions (login required)

View Item View Item