Bersemilah, Sarmilah (2022) Tanggapan siswa terhadap metode Talaqqi hubungannya dengan motivasi belajar Tahfidz Al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (JUDUL)
1 judul.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2 ABSTARK (1).pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
5 kata pengantar, daftar isi, daftar tabe-gambarl dan daftar lampiran (1).pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
6 BAB I (1).pdf Download (715kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
7 BAB II (1).pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
8 BAB III (1).pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
9 BAB IV (1).pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
10 BAB V (1).pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
11 DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11 DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa penggunan metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an mendapatkan tanggapan yang positif, namun disisi lain motivasi belajar mereka sebagian masih rendah, hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan dan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Realitas tanggapan siswa kelas VI SDN Kertamukti 03 terhadap pelaksanaan metode talaqqi dalam belajar tahfidz al-Qur’an. (2) Realitas motivasi belajar tahfidz al-Qur’an kelas VI SDN Kertamukti 03. (3) Realitas tanggapan siswa kelas VI SDN Kertamukti 03 terhadap metode talaqqi hubungannya dengan motivasi belajar tahfidz alQur’an. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap metode talaqqi. Dari asumsi tersebut secara teoretis dapat diambil hipotesis, yakni terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode talaqqi dengan motivasi belajar tahfidz al-Qur’an, jika tanggapanya positif, maka motivasi belajar mereka akan tinggi (baik). Demikian pula sebaliknya, jika tanggapan siswa terhadap metode talaqqinya negatif, maka motivasi belajar mereka akan rendah (buruk) pula. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan datanya adalah angket, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan statistik dan kualitatif dengan pendekatan logika. Berdasar pada hasil analisis data diperoleh simpulan: (1) Realitas tanggapan siswa kelas VI SDN Kertamukti 03 terhadap pelaksanaan metode talaqqi dalam belajar tahfidz al-Qur’an (variabel X), ditunjukan oleh nilai rata�rata sebesar 4,35 yang berada pada interval 3,50 - 4,50 berkatagori tinggi. (2) Realitas motivasi belajar tahfidz al-Qur’an kelas VI SDN Kertamukti 03 (variabel Y), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 4,15 yang berada pada interval 3,50 - 4,50 berkatagori tinggi. (3) Realitas tanggapan siswa kelas VI SDN Kertamukti 03 terhadap metode talaqqi hubungannya dengan motivasi belajar tahfidz al-Qur’an adalah (a) koefisien korelasinya sebesar 0,43 termasuk katagori sedang atau cukup. (b) hipotesisnya H1 diterima, karena thitung 2,946 lebih besar dari ttabel (2,026) dan (c) kadar hubungan variabel X dengan variabel Y yaitu sebesar 43,6% dan sisanya 67,4% dapat dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan; Metode Talaqqi; Motivasi Belajar; Tahfidz Al-Qur’an |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Philosopy and Theory > Semantics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam |
Depositing User: | Sarmilah Bersemilah |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:13 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55577 |
Actions (login required)
View Item |