Tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual Digimax hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits: Penelitian pada siswa kelas X MAN 1 Kabupaten Bandung

Pratama, Dendi Farid (2022) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual Digimax hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits: Penelitian pada siswa kelas X MAN 1 Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MAN 1 Kabupaten Bandung diperoleh informasi bahwa guru Al-Qur’an Hadits dalam pembelajarannya menggunakan media audio visual digimax secara umum sudah dilaksanakan secara optimal, hal tersebut ditandai dengan aktifnya siswa dalam pembelajaran berlangsung. Mestinya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di atas KKM yaitu 65. Namun, kenyataannya hasil belajar kognitif sebagian siswa masih berada pada kategori rendah. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan sehingga menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual digimax; 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits; 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran audio visual digimax dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Kabupaten Bandung. Berdasarkan teori yang ada, hasil belajar dapat dipengaruhi oleh tanggapan. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu sikap siswa pada aspek psikologis yang termasuk ke dalam faktor internal siswa. Sikap siswa dalam hal ini bisa memberikan tanggapan terhadap apa yang telah dialaminya. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual digimax hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode korelasi. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. 2) Responden 52 orang siswa kelas X di MAN 1 Kabupaten. 3) Alat pengumpulan data: angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. 4) data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan untuk kuantitatif menggunakan uji statis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual digimax termasuk ke dalam kategori baik dengan rata-rata 4,17 berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits termasuk ke dalam kategori tinggi dengan rata-rata 75,76. Angka tersebut berada pada interval 70-79. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual digimax dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits berada pada kategori rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,23, b) Perhitungan uji korelasi diperoleh t_hitung = 1,72 < t_tabel= 2,55 yang berarti hipotesis ditolak, c) Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 5%. Ini menunjukkan masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual Digimax; Hasil Belajar Kognitif;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dendi Farid Pratama
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:41
Last Modified: 05 Sep 2022 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55630

Actions (login required)

View Item View Item