Gerakan Waqiah 30 hari dalam memperoleh kemudahan rezeki : Studi pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2018 Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Sari, Dinda Amelia (2022) Gerakan Waqiah 30 hari dalam memperoleh kemudahan rezeki : Studi pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2018 Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Rezeki merupakan segala sesuatu yang bermanfaat dan dapat dimanfaatkan oleh setiap makhluk hidup, rezeki mencakup berbagai hal dan sangat luas, namun adakalanya manusia kesulitan dalam memperoleh kemudahan rezeki. Begitupula yang rasakan oleh Mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi. Kesulitan-kesulitan yang terjadi, tidak jauh dari permasalahan ekonomi yang mempengaruhi kesehatan mental yang semakin menurun. Dalam mengatasi hal tersebut, mahasiswa-mahasiswa ini melakukan berbagai usaha seperti di antaranya dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an melalui program Gerakan Waqiah 30 Hari. Dalam Tasawuf membaca surat Al-Waqi’ah ini dijadikan sebagai Riyadhah, yang mana Riyadhah sendiri merupakan suatu latihan rohani untuk menyucikan jiwa yang dihiasi dengan dzikir, ibadah, beramal sholeh dan salah satunya membaca Al-Qur’an khususnya surat Al-Waqi’ah. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi permasalahan mahasiswa, mengetahui apa itu Gerakan Waqiah 30 hari beserta prosedur yang harus dilakukan, serta apa hasil yang dicapai setelah mengamalkan Gerakan Waqiah 30 Hari dalam memperoleh kemudahan rezeki. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data primer menggunakan data observasi dan wawancara yang dilakukan bersama mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2018 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, sementara data sekunder diperoleh dari hasil analisis buku serta jurnal ilmiah yang ada. Hasil dan kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi mengenai kesulitannya dalam persoalan rezeki adalah sebagian mahasiswa mengalami kesulitan dalam persoalan ekonomi. Permasalahan ekonomi ini yang menjadikan mahasiswa mengalami masalah lainnya seperti terguncangnya kondisi mental hingga menyebabkan gejala-gejala stress lainnya. dan dalam mengatasi hal tersebut, mahasiswa-mahasiswa ini mengamalkan Gerakan Waqiah 30 Hari yang mana tidak ada prosedur khusus dalam mengerjakannya. Hasil dari amalan tersebut berpengaruh terhadap keadaan mahasiswa yang mengamalkannya. Seperti menjadi lebih positif dalam berpikir, lebih merasa ikhlas jika dihadapkan suatu permasalahan dalam hidup, selain itu dilimpahkan dari segi ekonomi, dan menjadikan kondisi mental lebih stabil. Penelitian ini diharapkannya dapat menghasilkan penelitian yang kuat dan lebih mendalam. Selain itu, penelitian ini juga dapat dirancang agar jangkauannya lebih luas dengan menambahkan pendapat subjek guna menjadi tambahan perspektif psikoterapi dengan menggunakan Gerakan Waqiah 30 Hari sebagai metode terapi yang digunakan bagi kondisi psikologis seseorang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al Waqiah; Mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi; Rezeki
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dinda Amelia Sari
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:12
Last Modified: 05 Sep 2022 06:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55633

Actions (login required)

View Item View Item