Manajemen strategi kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan : Penelitian tentang kompetensi profesional pendidik dan tenaga kependidikan ‎di Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Kota Bandung‎

Nurannisa, Anti (2022) Manajemen strategi kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan : Penelitian tentang kompetensi profesional pendidik dan tenaga kependidikan ‎di Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Kota Bandung‎. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan dan perkembangan zaman yang terjadi saat ini menuntut pendidik dan tenaga kependidikan untuk memiliki kompetensi agar dapat menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi. Pendidik merupakan panutan yang mampu mengubah dan mengarahkan perilaku siswa ke arah yang lebih baik dan tenaga kependidikan bertanggung jawab dalam mengelola administrasi dan dokumen sekolah untuk menunjang kualitas lembaga pendidikan. Untuk mengembangkan kompetensi professional pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga maka perlu didukung oleh kemampuan manajerial kepala madrasah dalam merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi strategi dalam pengembangan kompetensi professional pendidik dan tenaga kependidikan. Hal tersebut yang menjadi latar belakang peneliti untuk meneliti bagaimana manajemen strategi kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi professional pendidik dan tenaga kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi, implementasi, dan evaluasi strategi kepala Madrasah Aliyah Al-Istiqomah dalam pengembangan kompetensi professional pendidik dan tenaga kependidikan. Kerangka teori dalam penelitian ini mengacu kepada teori Fred R. David tentang manajemen strategi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, formulasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi professional pendidik meliputi, seleksi pendidik, mengadakan dan mengikutsertakan dalam forum ilmiah, studi lanjut, mengikutsertakan dalam kegiatan MGMP dan sertifikasi guru. Formulasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi professional tenaga kependidikan meliputi, meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kependidikan, mengikutsertakan dalam forum ilmiah, dan kegiatan sharing session.Implementasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi professional pendidik meliputi, optimalisasi penerimaan pendidik baru, pembagian tugas pendidik sesuai kompetensi, workshop pengembangan kurikulum, studi lanjut, pelaksanaan MGMP dan sertifikasi guru. Implementasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi professional tenaga kependidikan meliputi, pembagian tugas tenaga kependidikan, pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS), sharing session raport digital madrasah. Adapun evaluasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi professional pendidik melalui, supervisi akademik, pemeriksaan administrasi pembelajaran, pembinaan, evaluasi program kegiatan, dan penilaian kinerja. Dan evaluasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi professional tenaga kependidikan mengevaluasi melalui, pembinaan dan pemeriksaan administrasi, evaluasi program kegiatan, dan penilaian kinerja tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Kepala Madrasah; Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anti Nurannisa
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:30
Last Modified: 08 Sep 2022 01:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55835

Actions (login required)

View Item View Item