Implementasi bimbingan keagamaan dalam meningkatkan etos kerja pada karyawan : Studi kasus karyawan di lembaga Psikologi Terapan Saraswati Garut

Prasetyo, Muhammad Ilham (2022) Implementasi bimbingan keagamaan dalam meningkatkan etos kerja pada karyawan : Studi kasus karyawan di lembaga Psikologi Terapan Saraswati Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Fungsi dari etos kerja itu sendiri merupakan sebuah alat penggerak yang dapat mendorong seorang karyawan untuk terus berbuat baik, bertanggungjawab dalam pekerjaan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat etos kerja pada karyawan, yaitu faktor internal yang berasal dari diri pribadi karyawan itu sendiri dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya bekerja dan berusaha menjalankan tanggungjawab sebagai karyawan yang baik dengan menjalankan pekerjaan dengan semaksimal mungkin. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari program bimbingan keagamaan yang diadakan di Lembaga Psikologi Terapan Saraswati Garut kepada karyawannya terhadap tingkat etos kerja yang dimiliki oleh karyawan dalam menjalankan pekerjaan, dan tanggungjawab yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana pengambilan data menggunakan sistem wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti mewawancara 4 orang karyawan. Analisi data menggunakan model Miles and Hubberman dimana data yang didapatkan harus sudah menjadi jenuh dan tidak mengalami perkembangan walaupun berbeda data tersebut berasal. Dengan adanya penerapan bimbingan keagamaan ini dapat mempengaruhi etos kerja pada karyawan di Lembaga Psikologi Terapan Saraswati Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori dari Max Webber mengenai etos kerja berjudul The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism, Webber menjabarkan bahwa ada keterkaitan antara perkembangan dari suatu kelompok masyarakat dengan sikap dari masyarakat terhadap pemaknaan dari kerja. Dengan 3 aspek yang dijadikan patokan untuk mendapatkan data dari hasil wawancara dengan karyawan aspek tersebut yaitu aspek pribadi, aspek sosial, dan aspek akademik. Hasil penelitian ini yaitu adanya perubahan pada kualitas etos kerja pada karyawan yang menunjukan perubahan ke arah yang positif. Dimana karyawan menyadari bahwa bekerja merupakan salahsatu kegiatan ibadah dan membuat karyawan menjadi bersungguh-sungguh dan bertanggungjawab dalam melakukan pekerjaannya. Ada beberapa program bimbingan keagamaan yang ada di Lembaga Psikologi Terapan Saraswati Garut yaitu konseling agama, shalat berjamaah, tilawah Al-Quran, sedekah, hal ini yang memicu kualitas etos kerja dari karyawan menjadi semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Etos Kerja; Karyawan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Ilham Prasetyo
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:16
Last Modified: 07 Sep 2022 05:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55907

Actions (login required)

View Item View Item