Nurulita, Firdausya Fatwa (2022) Penerapan metode Active Learning tipe Card Sort untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian tindakan kelas terhadap peserta didik kelas V SDN Rosela Indah Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (608kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran PAI pendidik masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau tradisional yang kurang efektif. Dengan metode itu maka peserta didik merasa jenuh atau bosan sehingga dapat mengurangi minat belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu diterapkan metode yang efektif diantaranya adalah metode Active Learning tipe Card Sort. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Minat belajar peserta didik sebelum diterapkannya metode pembelajaran Active Learning tipe Card Sort, 2) Proses penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Card Sort pada mata pelajaran PAI dan 3) Minat belajar peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran Active Learning tipe Card Sort pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Active Learning tipe Card Sort ini dapat menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik tidak merasa bosan pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Card Sort dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V di SDN Rosela Indah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu Perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 27 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket/kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data angket dan analisis data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar peserta didik sebelum diterapkannya metode pembelajaran Active Learning tipe Card Sort didapatkan hasil sebesar 55% termasuk ke dalam kategori rendah. 2) Pada siklus pertama hasil aktivitas peserta didik sebesar 77% dan aktivitas pendidik sebesar 79% termasuk ke dalam kategori tinggi. Sementara itu, pada siklus kedua hasil aktivitas peserta didik sebesar 93% dan aktivitas peserta didik sebesar 90% termasuk kedalam kategori sangat tinggi. 3) Minat belajar peserta didik setelah penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Card Sort mengalami peningkatan, diketahui hasil pada siklus pertama sebesar 77% termasuk kedalam kategori tinggi. Adapun pada siklus kedua didapatkan hasil sebesar 87% termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu penerapan metode Active Learning tipe Card Sort dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN Rosela Indah Subang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Active Learning; Card Sort. |
Subjects: | Knowledge > Reseach Methods Education, Research Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Firdausua Fatwa Nurulita |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:25 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 02:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55995 |
Actions (login required)
View Item |