Layanan bimbingan Islam dalam upaya meningkatkan akhlak kedisiplinan siswa : Penelitian di SMA Mathla'ul Anwar Jl. Raya Labuan KM. 28, Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten

Rachmasari, Diana (2022) Layanan bimbingan Islam dalam upaya meningkatkan akhlak kedisiplinan siswa : Penelitian di SMA Mathla'ul Anwar Jl. Raya Labuan KM. 28, Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada adanya siswa yang memiliki akhlak kedisiplinan rendah seperti terlambat, bolos, keluar saat jam mata pelajaran, tidak mengerjakan tugas, pakaian tidak rapi dan tidak sesuai aturan, serta kuku atau rambut panjang. Maka, dilaksanakan layanan bimbingan Islam yang bertujuan untuk meningkatkan akhlak kedisiplinan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui kondisi akhlak kedisiplinan siswa sebelum adanya layanan bimbingan Islam di SMA Mathla’ul Anwar Menes, 2). Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan Islam dalam upaya meningkatkan akhlak kedisiplinan siswa di SMA Mathla’ul Anwar Menes, 3). Untuk mengetahui hasil akhir dari layanan bimbingan Islam dalam upaya meningkatkan akhlak kedisiplinan siswa di SMA Mathla’ul Anwar Menes. Penelitian ini berlandaskan pada teori bimbingan Islam, teori akhlak, teori kedisiplinan, dan teori behaviorisme. Teori bimbingan Islam digunakan karena metode yang digunakan dalam penelitian yaitu layanan bimbingan Islam, teori akhlak karena dalam layanan bimbingan Islam menekankan pada akhlak siswa agar melahirkan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam, teori kedisiplinan karena tujuan dilaksanakannya bimbingan Islam yaitu adanya kedisiplinan siswa yang rendah, dan teori behaviorisme karena mengubah perilaku dengan pembiasaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang memberikan gambaran atau deskripsi suatu hasil penelitian tentang layanan bimbingan Islam dalam upaya meningkatkan akhlak kedisiplinan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Kemudian data didokumentasikan berupa catatan verbatim yaitu catatan-catatan yang lengkap dalam semua hal pembicaraan ketika melakukan wawancara dan observasi tanpa adanya penambahan dan pengurangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan Islam dapat meningkatkan akhlak kedisiplinan siswa di SMA Mathla’ul Anwar Menes dengan metode ceramah, metode diskusi, metode pengajaran, metode larangan dan perintah, metode hukuman, metode pembiasaan, dan metode evaluasi. Terjadi peningkatan diantaranya siswa terlambat datang ke sekolah menjadi tepat waktu datang ke sekolah, bolos menjadi rajin sekolah, keluar pada saat jam mata pelajaran menjadi tidak keluar saat jam mata pelajaran, tidak mengerjakan tugas perlahan menjadi rajin dikerjakan, pakaian tidak rapi dan tidak sesuai aturan menjadi rapi dan sesuai aturan, serta kuku atau rambut panjang menjadi lebih rapi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Akhlak; Kedisiplinan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Diana Rachmasari
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:33
Last Modified: 08 Sep 2022 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56011

Actions (login required)

View Item View Item