Bimbingan kelompok melalui pembinaan karakter dalam membentuk Akhlaqul Karimah siswa kelas VIII di SMP Juara Bandung (Penelitian di SMP Juara Bandung Komp. Taman Cipadung Indah, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614)

Muzayanah, Chania Al (2022) Bimbingan kelompok melalui pembinaan karakter dalam membentuk Akhlaqul Karimah siswa kelas VIII di SMP Juara Bandung (Penelitian di SMP Juara Bandung Komp. Taman Cipadung Indah, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada adanya siswa indisipliner, problema berpakaian dan pergaulan dengan lawan jenis. SMP Juara Bandung merupakan sekolah swasta yang memberikan nilai-nilai islam lebih banyak daripada sekolah pada umumnya. Melihat adanya problema karakter seperti indisipliner, problema berpakaian dan pergaulan dengan lawan jenis. Maka upaya yang dilakukan pihak lembaga yakni mengadakan bimbingan kelompok melalui pembinaan karakter untuk membentuk akhlaqul karimah siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk Mengetahui Kondisi Akhlaq Siswa Kelas VIII di SMP Juara Bandung, 2). Untuk Mengetahui Proses Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Melalui Pembinaan Karakter Dalam Membentuk Akhlaqul Karimah Siswa Kelas VIII di SMP Juara Bandung, 3). Untuk Mengetahui Hasil Akhir Bimbingan Kelompok Melalui Pembinaan Karakter Dalam Membentuk Akhlaqul Karimah Siswa Kelas VIII di SMP Juara Bandung. Penelitian ini berlandaskan kepada teori bimbingan kelompok, teori pembinaan karakter dan teori akhlaqul karimah. Digunakannya teori bimbingan kelompok karena dalam kegiatan pembinaan menggunakan bimbingan kelompok, teori pembinaan karakter karena pihak sekolah menggunakan kegiatan tersebut, dan teori akhlaqul karimah karena tujuan dari adanya program tersebut untuk membentuk karakter yang islami (berakhlaqul karimah). Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang akan menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument penelitian, observasi, wawancara. Kemudian data di dokumentasikan berupa catatan verbatim yaitu catatan-catatan lengkap dalam semua hal pembicaraan ketika melakukan wawancara dan observasi tanpa adanya penambahan dan pengurangan. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terjadi pembentukan diantaranya: siswa yang indisipliner menjadi disiplin, problema berpakaian menjadi berpakaian rapih dan pergaulan dengan lawan jenis menjadi terjaga pergaulannya sehingga bimbingan kelompok melalui pembinaan karakter dapat membentuk akhlaqul karimah siswa kelas VIII dengan menggunakan metode ceramah dan metode diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Pembinaan Karakter; Akhlaqul Karimah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Chania Al Muzayanah
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:35
Last Modified: 08 Sep 2022 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56012

Actions (login required)

View Item View Item