Pengaruh model Blended Learning berbantu media Nearpod terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem

Wulandari, Ismi Ayu (2022) Pengaruh model Blended Learning berbantu media Nearpod terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi ditandai dengan perkembangan pesat terjadi dalam berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan. Keadaan yang demikian menjadi suatu tantangan para pendidik untuk mengembangkan kemampuan dirinya. Tuntutan tersebut disampaikan karena standar kompetensi lulusan satuan pendidikan menengah harus mampu mengkonstruksi dan menerapkan informasi secara kritis. Salah satu konsep yang menuntut adanya keterampilan berpikir kritis adalah materi ekosistem. Berangkat dari temuan tersebut, maka diperlukan model pembelajaran yang di dalamnya dapat mengubah cara pola pikir siswa. Model pembelajaran yang dianggap tepat dalam penelitian ini adalah model blended learning. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari model blended learning berbantu media nearpod terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian diambil melalui teknik purposive sampling dengan jumlah 66 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas yakni X IPA 5 dan kelas X IPA 2 SMA Negeri 23 Bandung. Data yang digunakan hanya data primer saja dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, tes uraian berpikir kritis, dan lembar angket. Berdasarkan hasil pretest-posttest diketahui terdapat perubahan nilai dari setiap indikator keterampilan berpikir kritisnya. Nilai rata-rata pretest sebesar 55.53 menjadi 78.25 dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0.46 kategori sedang. Hasil pengujian data posttest kelas eksperimen menunjukkan data berdistribusi tidak normal, sehingga digunakan uji non-parametrik melalui uji Mann-Whitney mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.032. Nilai signifikansi 0.032<0.05 maka artinya H1diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model blended learning berbantu media nearpod berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Nearpod; Ekosistem
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ismi Ayu Wulandari
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:38
Last Modified: 12 Sep 2022 02:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56071

Actions (login required)

View Item View Item