Peran UMKM dalam meningkatkan Home Industri Gorden: Penelitian tentang Home Industri Gorden Desa Mekarsari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung

Salsabila, Cantika (2022) Peran UMKM dalam meningkatkan Home Industri Gorden: Penelitian tentang Home Industri Gorden Desa Mekarsari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dituntut untuk memiliki strategi dalam menghadapi perkembangan ekonomi era digital. Home Industri Gorden sebagai UMKM memiliki tantangan dan peluang dalam upaya menjalankan strategi pemasaran. Pertama, tantangan persaingan pemasaran dimana tingkat persaingan semakin tinggi. Kedua, tantangan kreativitas dalam menciptakan brand image, persaiangan pemasaran gorden secara online menuntut kreativitas para pelaku bisnis untuk dapat menciptakan digital branding. Dengan permasalahan ini peran UMKM dalam meningkatkan home industri gorden yaitu agar dapat mendorong kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran UMKM dalam meningkatkan home industri gorden. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemberdayaam UMKM dalam meningkatkan home industri gorden Desa Mekarsari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial George Homans. Dalam teori pertukaran sosial pada umumnya hubungan sosial yang terjadi pada home industri gorden tersebut mempunyai perilaku yang saling mempengaruhi dalam hubungan tersebut, dimana terdapat unsur ganjaran (reward), pengorbanan (cost) dan keuntungan (profit) yang saling berpengaruh. Fungsi teori dalam penelitian ini yaitu untuk menjelaskan dan memprediksikan temuan penelitian dengan mudah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif ialah memberikan gambaran dilapangan mengenai peran UMKM dalam meningkatkan home industri gorden dengan menggali informasi dari informan dengan menggunakan pedoman wawancara yang dibuat. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa UMKM cukup berperan dalam meningkatkan home industri gorden di Desa Mekarsari dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Meningkatkan potensi masyarakat, meningkatkan perluasan pasar, meningkatkan kesempatan kerja serta meningkatkan omzet usaha home industri gorden di Desa Mekarsari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Home Industri; Peran UMKM
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Production, Industrial Economics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Cantika Salsabila
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:38
Last Modified: 08 Sep 2022 01:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56074

Actions (login required)

View Item View Item