Partisipasi politik anggota keluarga Polri pada pemilihan umum presiden tahun 2019: Studi kasus Komplek Polri Jatirangga Kota Bekasi

Putra, Irfan Maulana (2022) Partisipasi politik anggota keluarga Polri pada pemilihan umum presiden tahun 2019: Studi kasus Komplek Polri Jatirangga Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi politik merupakan aspek penting dalam dalam tatanan demokrasi. Menurut Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 pasal 28 tentang anggota polri dilarang terlibat dalam kegiatan politik praktis, namun tidak berlaku bagi anggota keluarga mereka yang memiliki hak politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi partisipasi politik Anggota Keluarga Polri Pada Pemilihan Umum Presiden Tahun 2019 (Studi Kasus Komplek Polri Jatirangga Kota Bekasi) yang terdiri dari empat faktor yaitu Faktor Kesadaran Politik, Faktor Kepercayaan Terhadap Pemerintah, Faktor Sosial dan Faktor Ekonomi. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah teori dari (Surbakti, Memahami Ilmu Poltik, 2010) yang mengemukakan bahwa faktor yang mempengaruhi partisipasi pemilih terdiri dari empat faktor yaitu Faktor Kesadaran Politik, Faktor Kepercayaan Terhadap Pemerintah, Faktor Sosial dan Faktor Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan peneliti yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa partisipasi Anggota Keluarga Polri Pada Pemilihan Umum Presiden Tahun 2019 (Studi Kasus Komplek Polri Jatirangga Kota Bekasi) dipengaruhi oleh empat faktor. Faktor kesadaran politik anggota keluarga Polri pada pemilu 2019 dapat dikatan tinggi karena anggota keluarga polri mayoritas memiliki tingkat Pendidikan yang tinggi dan antusias anggota keluarga polri terhadap kegiatan-kegiatan besar seperti Maulid Nabi, Peringatan Hut RI termasuk Pemilu. Selain itu, Anggota keluarga Polri merasa puas dengan kinerja pemerintah sehingga partisipasi meningkat. Lembaga sosial kurang efektif dalam mempengaruhi pasrtisipasi politik anggota keluarga Polri karena dalam UU No 7 tahun 2017 pasal 304 tentang Pemilihan Umum Komplek Polri merupakan salah satu tempat yang dilarang untuk melakukan suatu kegiatan kampanye ataupun pemasangan alat peraga kampanye karena merupakan lingkungan gedung milik pemerintah. Faktor ekonomi tidak menghambat partisipasi anggota keluarga polri dikarenakan mayoritas warga memiliki kondisi ekonomi yang baik, sehingga tidak perlu mempertimbangkan antara pekerjaan dan menggunakan hak suara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik; Anggota Keluarga Polri; Pemilihan Umum Presiden
Subjects: Political Process > Election System
Political Process > Political Campaigns
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Irfan Maulana
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:17
Last Modified: 08 Sep 2022 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56151

Actions (login required)

View Item View Item