Azizah, Alisa Nur (2022) Pengaruh kualitas pelayanan Islami terhadap kepuasan konsumen pada minimarket Safari Rajapolah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan konsumen mempunyai peranan yang sangat penting dengan pengembangan usaha. Minimarket Safari merupakan bisnis retail yang menyediakan kebutuhan pokok atau kebutuhan sehari-hari untuk konsumen. Minimarket Safari berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada para komsumennya. Namun berdasarkan data yang diperoleh peneliti, terjadinya fluktuatif jumlah pengunjung yang datang ke Minmarket Safari, pada saat peneliti melakukan wawancara kepada para konsumen terdapat keluhan yang mengatakan pelayanan yang diberikan pihak minimarket kurang cepat dalam melayani konsumen, hal ini terlihat saat konsumen meminta suatu produk yang diinginkan tidak dengan cepat ditanggapi. Hal ini tentu saja jauh dari harapan konsumen, dimana keinginan konsumen untuk mendapatkan kemudahan dalam pelayanan ketika berbelanja tidak tepenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan islami terhadap kepuasan konsumen Minimarlet Safari Rajapolah. Dimana terdapat satu variabel bebas yaitu kualitas pelayanan islami dan satu variabel terikat yaitu kepuasan konsumen.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuisioner melalui google form. Adapun pengolahan data, peneliti menggunakan SPSS for windows version 26. Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu perusahaan atau produk dengan harapan-harapannya. kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan atau harapan konsumen. Apabila kualitas pelayanan yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan maka kualitas pelayanan dipersepsikan baik Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsuemen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,445 atau sama dengan 44,5%. Artinya mampu menjelaskan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh 44,5% terhadap kepuasan konsumen sedangkan sisanya 55,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Tingkat kualitas pelayanan islami yang diberikan minimarket safari tinggi/baik, karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 3,99 yang berada pada pada interval 3,40-4,19 yang berarti tinggi/baik. Tingkat kepuasan konsumen diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,02 yang berada pada pada interval 3,40-4,19 yang berarti tinggi/baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Islami; Kepuasan Konsumen; Minimarket Safari |
Subjects: | Econmics General Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Alisa Nur Azizah |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 08:39 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 08:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56176 |
Actions (login required)
View Item |