Pemberdayaan dengan pendekatan asset based community development dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan Bazar Gantoeng : Penelitian di Perumahan Panorama Jatinangor Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Wibowo, Ihsan Luthfianto (2022) Pemberdayaan dengan pendekatan asset based community development dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan Bazar Gantoeng : Penelitian di Perumahan Panorama Jatinangor Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi tingkat kemiskinan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Pemberdayan ini tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintahan namun juga secara pribadi ataupun swasta. Proses pemberdayaan ini diharapkan dapat mampu mengembangkan potensi yang sebelunya telah dimiliki oleh masarakat namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh fasilitator dan pemilik lahan di kawasan wisata Bazar Gantoeng terhadap para pedagang yang merupakan masyarakat yang secara langsung terdampak oleh adanya pandemi sehingga kehilangan mata pencahariannya. Selain itu, untuk mengetahui peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berdagang di Bazar gantoeng. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif guna mendeskripsikan dan memahami kegiatan pemberdayan yang dilakukan secara terperinci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan observasi, wawancara dan pengumpulan berbagai dokumen yang mendukung pada hasil penelitian yang dilakukan. Pemilihan informan kunci ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pemberdayaan yang dilakukan di Bazar Gantoeng mengedepankan berbagai prinsip pemberdayan diantaranya ialah kesetraan, partisipatif, keswadayaan, dan berkelanjutan. Kegiatan ini juga dapat dianalisis dengan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang merupakan metode pemberdayan yang memfokuskan kegiatan pada pengembangan potensi yang sebelumnya telah dimiliki masyarakat. Empat komponen pokok pada penelitian kali ini ialah Problem Based Approach, Need Based Approach, Right Based Approach, dan Asset Based Approach. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa pedagang sudah mulai dapat memanfaatkan berbagai potensi yang sebelumnya telah mereka miliki seperti kreativitas, kepedulian, gotong-royong hingga pada keterampilan memasak. Pemberdayaan tersebut juga dapat menghasilkan peningkatan ekonomi bagi para pedagang. Masyarakat yang berdagang juga sudah berada pada tahap sejahtera karena mampu memenuhi kebutuhan pokoknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pendekatan ABCD; Kesejahteraan masyarakat
Subjects: Communities > Community Sociology
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ihsan Luthfianto Wibowo
Date Deposited: 09 Sep 2022 00:47
Last Modified: 09 Sep 2022 00:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56180

Actions (login required)

View Item View Item