Tumanggor, Putri Ika Fadhilah (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori Wankat dan Oreovicz ditinjau dari kecerdasan logis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis, mengetahui kelemahan serta hambatan siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan teori Wankat dan Oreovicz ditinjau dari kecerdasan logis. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 20 siswa kelas IX-1 MTsN 4 Tapanuli Selatan yang telah memenuhi kriteria dan syarat kecerdasan logis yang ditetapkan. Instrumen yang digunakan terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung berupa tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori Wankat dan Oreovicz ditinjau dari kecerdasan logis yaitu, siswa dengan kecerdasan logis kategori tinggi mampu memenuhi semua tahap masalah didukung dengan antusias belajar yang tinggi, siswa dengan kecerdasan logis kategori sedang mampu memenuhi beberapa tahap yaitu tahap saya mampu, mendefinisikan, eksplorasi, dan merencanakan didukung dengan mengikuti proses pembelajaran dengan baik, siswa dengan kecerdasan logis kategori rendah hanya mampu menguasai tahap saya mampu, didukung dengan pada saat proses pembelajaran kurang antusias mengikuti proses pembelajaran. Kelemahan kemampuan pemecahan masalah siswa berupa tidak memiliki kesabaran dan kepercayaan diri siswa yang masih perlu ditingkatkan, dan hambatan siswa dalam hal faktual, konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan soal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Tahapan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Wankat dan Oreovicz; Kecerdasan Logis; |
Subjects: | Education > Philosophy and Theory of Education Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri Ika Fadhilah Tumanggor |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 01:07 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 01:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56198 |
Actions (login required)
View Item |