Implementasi dakwah tamkin berbasis masjid dalam memberdayakan sumber daya manusia : Studi komparatif pada program Salman Spiritual Camp (SSC) Masjid Salman ITB dan Duta Transformasi Insani (DTI) Masjid Daarut Tauhiid

Yafsil, Afa Afina (2022) Implementasi dakwah tamkin berbasis masjid dalam memberdayakan sumber daya manusia : Studi komparatif pada program Salman Spiritual Camp (SSC) Masjid Salman ITB dan Duta Transformasi Insani (DTI) Masjid Daarut Tauhiid. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi dakwah tamkin berbasis masjid dalam memberdayakan sumber daya manusia pada program SSC Masjid Salman ITB dan DTI Masjid Daarut Tauhiid. Secara khusus, pendayagunaan program, persamaan dan perbedaan, serta metode pemberdayaan sumber daya manusia pada program SSC Masjid Salman ITB dan DTI Masjid Daarut Tauhiid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pendayagunaan program, persamaan dan perbedaan, serta metode pemberdayaan sumber daya manusia pada program SSC Masjid Salman ITB dan DTI Masjid Daarut Tauhiid. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori implementasi dari Nurdin Usman yang menjelaskan bahwa implementasi berawal tindakan dengan adanya proses yang sistematis atau suatu kegiatan yang dirancang secara matang untuk tercapainya suatu tujuan. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan jenis data kualitatif dan paradigma kontruktivistik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan tafsir logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendayagunaan program SSC Masjid Salman ITB melalui Nilai 4 Kualitas Kader Peradaban, kurikulum SSC dan pembinaan pasca SSC sementara pada program DTI Masjid Daarut Tauhiid melalui konsep Manajemen Qolbu, kurikulum DTI, pelatihan, pembinaan, dan rumus sukses Daarut Tauhiid. Persamaan pada program SSC Masjid Salman ITB dan DTI Masjid Daarut Tauhiid dilihat dari perencanaan, indikator keberhasilan dan Output akhir. Sedangkan, perbedaannya dilihat dari konsep kegiatan, monitoring, dan penyampaian materi. Metode pemberdayaan sumber daya manusia pada program SSC Masjid Salman ITB yakni, pelatihan, pembinaan, aktualisasi diri, dan penyampaian value. Model pemberdayaan pada program DTI Masjid Daarut Tauhiid yakni, metode role model, manajemen qolbu, manajemen keuangan secara umum dan syariah, dan Health Safety Environment dengan standar manajemen ISO 9001 : 2008. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi dakwah tamkin berbasis masjid dalam memberdayakan sumber daya manusia pada program SSC Masjid Salman ITB dan DTI Masjid Daarut Tauhiid berhasil menggali dan mengembangkan potensi sumber daya manusia dengan memperhatikan sisi spiritualitas sehingga dapat memberdayakan lingkungan sekitar dengan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Tamkin; Masjid; Pemberdayaan; Sumber Daya Manusia.
Subjects: Islam > Mosques
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Afa Afina Yafshil
Date Deposited: 09 Sep 2022 05:20
Last Modified: 09 Sep 2022 05:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56234

Actions (login required)

View Item View Item