Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) : Studi deskriptif Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berkah Desa Leuwiliang Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor

Sopiah, Nur Aida (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) : Studi deskriptif Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berkah Desa Leuwiliang Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy

Abstract

Desa Leuwiliang merupakan desa yang potensial, yang mana disana terdapat aset, sarana, usaha dan potensi pada SDA (sumber daya alam) yang dapat dikembangkan sehingga mampu menunjang perekonomian masyarakat. Kendati demikian hal tersebut belum seutuhnya dapat membantu dalam mensejahterakan ekonomi masyarakat Desa Leuwiliang. Kemudian untuk mengoptimalkan aset-aset dan potensi tersebut dilakukanlah berbagai upaya salahsatunya oleh BUMDes. BUMDes hadir sebagai wadah untuk memfasilitasi terciptanya kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui BUMDes. Secara khusus pembahasannya yang diarahkan untuk menjawab perencanaan, pelaksanaan program serta hasil yang dicapai oleh BUMDes dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Leuwiliang melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Leuwiliang Berkah. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan ekonomi yang dikemukakan oleh Mulyadi Fadjar yang menyatakan bahwa pemberdayaan ekonomi merupakan upaya pengerahan sumberdaya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dalam meningkatkan kreatifitas masyarakat, melalui proses pembangunan yang dimulai dari kegiatan sosial hingga memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Adapun Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Paradigma Kontruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui BUMDes Leuwiliang Berkah dilakukan dengan berbagai bentuk perencanaan dengan cara penyadaran, penyuluhan dan pelatihan serta dilakukan perlindungan sekaligus menjadi wadah kegiatan yang terdapat di masyarakat. Pelaksanaan program yang dilakukan BUMDes yaitu melalui beberapa pendekatan seperti bantuan modal, bantuan pembangunan prasarana, pendampingan, penguatan kelembagaan, serta penguatan kemitraan usaha. Hasil yang dicapai dalam pemberdayaan ekonomi ini yaitu berkembangnya usaha yang dimiliki masyarakat sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada dan menjadikan masyarakat mandiri khususnya masyarakat yang mendapatkan bantuan dari BUMDes. Meskipun dari hasil pemberdayaan ekonomi ini belum dapat dikatakan perkembangannya secara signifikan, tetapi mayoritas masyarakat Desa Leuwiliang yang tergabung dalam BUMDes sudah mampu mencukupi kebutuhan pokoknya (primer) dan kebutuhan sosial dasarnya (sekunder). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Leuwililang Berkah di Desa Leuwiliang dapat memberdayakan ekonomi masyarakat Desa Leuwiliang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BUMDES; Masyarakat; Pemberdayaan Ekonomi
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Aida Sopiah
Date Deposited: 09 Sep 2022 05:18
Last Modified: 09 Sep 2022 05:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56244

Actions (login required)

View Item View Item