Pengaruh perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2020

Iliyah, Siti Rohimah Asma (2022) Pengaruh perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kemajuan di industri makanan dan minuman yang semakin berkembang dan memiliki posisi yang penting dalam perekonomian Indonesia. Modal kerja adalah masalah utama yang sering dihadapi oleh setiap perusahaan pada industri ini. Maka, analisis modal kerja sangat penting untuk memahami situasi dan kondisi perusahaan yang diukur melalui rasio profitabilitas. Karena profitabilitas yang baik akan menunjukkan laba perusahaan yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan sebagai komponen modal kerja terhadap Return on asset (ROA) yang merupakan salah satu jenis profitabilitas, pada industri sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan metode tersebut diperoleh 11 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode data panel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi data panel dengan metode Random Effect Model, dan analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perputaran kas tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset yang ditunjukkan dengan nilai p-value sebesar 0.0534. Secara parsial perputaran piutang berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset dilihat dari nilai p-value sebesar 0.0000. Dan secara parsial perputaran persediaan tidak berpengaruh terhadap Return on Asset dilihat dari nilai p-value sebesar 0.1325. Sedangkan secara simultan perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset dilihat dari nilai p-value sebesar 0.000003. Besarnya nilai koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 28%. Sedangkan untuk 72% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas; Perputaran Piutang; Perputaran Persediaan; Profitabilitas; Return on Assets.
Subjects: General Management > Financial Management
General Management > Managerial Accounting
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Siti Rohimah Asma Iliyah
Date Deposited: 09 Sep 2022 05:28
Last Modified: 09 Sep 2022 05:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56250

Actions (login required)

View Item View Item