Partisipasi masyarakat dalam pembangunan di kelurahan Pasirbiru : Studi deskriptif di Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Yanti, Helvi (2022) Partisipasi masyarakat dalam pembangunan di kelurahan Pasirbiru : Studi deskriptif di Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (2).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan yang dihadapi partisipasi masyarakat diperlukan dalam menentukan kebijakan dan keputusan dan sering diperbincangkan diberbagai wilayah, baik didaerah kota maupun pedesaan karena dapat dilihat begitu besar pengaruh dari partisipasi tersebut, partisipasi masyarakat ini sangat menentukan suatu perencanaan atau program-program yang ada disekitar mereka, keberhasilan suatu program tanpa adanya partisipasi masyarakat tidak akan berjalan dengan baik, keikutsertaan masyarakat akan sangat dibutuhkan dalam perencanaan atau program, agar program berjalan dengan semestinya. Pembangunan membutuhkan partisipasi masyarakat diantaranya diwujudkan dalam penelitian partisipasi pembangunan di Kelurahan Pasirbiru juga telah terjadi melalui berbagai event dan berlangsung cukup relatif lama. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui proses dan bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Kelurahan Pasirbiru. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bentuk partisipasi masyarakat yang dikemukakan oleh Keith Davis (Sastropoetro). Dijelaskan dalam teori ini bahwa bentuk partisipasi masyarakat mencakup partisipasi pikiran (psychological participation), partisipasi tenaga (physical participation), partisipasi keahlian (participation with skill), partisipasi barang (material participation), partisipasi uang (money participation). Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Tahap analisis data dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Kelurahan Pasirbiru adalah sebagai berikut: pertama, partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan di Kelurahan Pasirbiru, yaitu: perencanaan, pengambilan keputusan, pelaksanaan, evaluasi serta pemanfataan hasil. Kedua, bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan yaitu: partisipasi pikiran, partisipasi keahlian dan partisipasi barang. Sementara partisipasi dalam bentuk tenaga dan uang, belum nampak terwujud. Terlaksananya pembangunan tersebut selain ikut terlibat masyarakat memberikan bantuan berupa pemikiran dan peralatan pembangunan. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat ikut andil dan aktif dalam rangkaian pembangunan desa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Pembangunan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Communities > Community Sociology
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Helvi Yanti
Date Deposited: 09 Sep 2022 07:22
Last Modified: 09 Sep 2022 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56267

Actions (login required)

View Item View Item