Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Debt to Assets Ratio (DAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Ace Hardware Indonesia Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2021

Syam, Muhammad Ivan (2022) Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Debt to Assets Ratio (DAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Ace Hardware Indonesia Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan investor yang menggunakan profitabilitas sebagai tolak ukur untuk mempresentasikan besaran keuntungan yang akan diperoleh dari menginvestasikan asetnya pada suatu perusahaan yang tercermin dalam Return On Assets (ROA). Total Assets Turnover (TATO) mengukur kemampuan perusahaan dalam menggunakan aktiva yang dimilikinya, sedangkan Debt to Assets Ratio (DAR) merupakan rasio yang mengukur seberapa besar aktiva perusahaan dibiayai oleh utang atau seberapa besar utang perusahaan berpengaruh terhadap pengelolaan aktiva. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh Total Assets Turnover (TATO) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA), (2) pengaruh Debt to Assets Ratio (DAR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA), dan (3) pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Debt to Assets Ratio secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. Periode 2011-2021. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Total Assets Turnover dan Debt to Assets Ratio, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Return On Assets yang dimiliki. Sedangkan ketika Debt to Assets Ratio (DAR) mengalami kenaikan maka Return On Assets akan menurun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan pada website resmi PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. periode 2011-2021 www.acehardware.co.id. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana maupun regresi berganda, korelasi sederhana maupun korelasi berganda, koefisien determinasi, dan analisis hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Total Assets Turnover di PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. secara parsial berpengaruh terhadap Return On Assets diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 87%. (2) Debt to Assets Ratio di PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return On Assets dengan koefisien determinasi sebesar 61,4%. (3) Total Assets Turnover dan Debt to Asset Ratio secara simultan berpengaruh terhadap Return On Assets dengan koefisien determinasi sebesar 88,3%. .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Assets Turnover (TATO); Debt to Assets Ratio (DAR); dan Return On Assets (ROA)
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Ivan Syam
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:38
Last Modified: 12 Sep 2022 08:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56278

Actions (login required)

View Item View Item