Hubungan antara muhasabah diri dengan sikap rida remaja kasus pelecehan seksual di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bandung

Rahmani, Azalia (2022) Hubungan antara muhasabah diri dengan sikap rida remaja kasus pelecehan seksual di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Angka kriminalitas yang terjadi di Indonesia cenderung mengalami perubahan setiap tahunnya, Salah satunya kasus kejahatan seksual yang dominan terjadi pada kalangan anak dan perempuan. Pelaku kejahatan seksual umumnya dilakukan oleh orang dewasa, dan dilakukan dengan berbagai motif dan kondisi, namun masih ditemukan bahwa masih ada pelaku kekerasan seksual terhadap anak di bawah 18 tahun. Anak yang terlibat akan masuk ke dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Berurusan dengan remaja bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk memahami jiwa remaja dan menemukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut, penting bagi seseorang untuk memahami remaja dan perkembangan psikologisnya, yaitu konsep diri, kecerdasan, emosi, seksualitas, motif sosial, moral dan agama. Untuk mengatasai masalah tersebut muĥāsabah diri dapat dijadikan sebagai upaya untuk memunculkan sikap riḍa para remaja. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan mengenai muĥāsabah diri dengan sikap riḍa remaja kasus pelecehan seksual di lembaga pembinaan khusus anak kota Bandung. Serta untuk memberi gambaran mengenai kondisi dari muĥāsabah diri dan sikap riḍa pada remaja kasus pelecehan seksual. Teori muĥāsabah yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari salah satu tokoh agama islam yaitu Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Adapun untuk sikap riḍa menggunakan teori dari salah satu tokoh sufi yaitu Ibnu Ujaibah yang menerangkan mengenai riḍa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika H1:   0 (terdapat hubungan yang signifikan atara Muĥāsabah diri dengan sikap riḍa remaja kasus pelecehan seksual). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Metode penelitian korelasional merupakan suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut sehingga tidak terdapat manipulasi variabel. Berdasarkan data yang sudah diolah, penelitian ini medapatkan hasil secara keseluruhan, muĥāsabah diri pada remaja kasus pelecehan seksual di lembaga pembinaan khusus anak Bandung ini tergolng sedang dengan persentase sebesar 75,35%, dan gambaran untuk sikap riḍa pun sama dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 61,76%. Adapun pada uji korelasi yang dilakukan menggunakan korelasi Product Moment Pearson diperoleh koefisien korelasi r sebesar 0,444 dengan p sebesar 0,008. Hasil tersebut menunjukkan jika hipotesis tidak diterima dan dinyatakan memiliki hubungan yang signifikan serta bersifat positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Muĥāsabah; Sikap Riḍa; Remaja; Hubungan; Emosi
Subjects: Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Azalia Rahmani
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:32
Last Modified: 13 Sep 2022 08:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56309

Actions (login required)

View Item View Item